Sukses

Beauty

Inilah 8 Vitamin yang Anda Butuhkan

Anda tahu vitamin sangat penting bagi tubuh. Namun, dari sekian banyak vitamin yang Anda tahu, mana yang sebaiknya Anda konsumsi? Cukup sulit memang untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

Selama ini, kita mengetahui bahwa ada 13 vitamin penting yang kita butuhkan. Karena tanpa 13 vitamin itu, organ dalam tubuh kita tidak akan berfungsi. Senyawa ini yang tentu akan menjaga jantung tetap berdetak, sel-sel dalam tubuh bisa tumbuh dan makanan dapat dicerna dengan baik. Tanpa mereka, mungkin saja tubuh menjadi lemah, karena dapat menyebabkan kekurangan vitamin C, anemia, bahkan rakhitis akibat kekurangan vitamin D.

Berikut ini vitamin yang Anda butuhkan setiap hari:

    Vitamin A

    Vitamin A dapat membantu   organ tubuh seperti ginjal, jantung dan paru-paru. Vitamin ini juga diperlukan untuk perawatan gigi, kulit dan khususnya sangat penting untuk kesehatan mata.

    Orang-orang yang kekurangan vitamin A memiliki masalah penglihatan seperti rabun. Kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang terjadi di seluruh dunia. Vitamin A bisa Anda dapatkan pada keju, telur dan daging.

    Vitamin C

    Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki dirinya sendiri, termasuk membuat kolagen, sebuah protein yang dapat menyembuhkan luka, serta menjaga tulang, gigi dan sirkulasi tubuh dengan baik. Tambahan vitamin C juga dapat membantu tubuhmu menyerap zat besi dari makanan lain. 

    Anda bisa mendapatkan vitamin ini pada buah jeruk, kentang, tomat dan brokoli. Beberapa sereal juga ada yang mengandung extra vitamin C. Dan untuk memastikannya dapat dilihat pada label kemasan.

    Vitamin D

    Vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Sejak kecil, vitamin D sangat diperlukan untuk membuat kerangka tulang berkembang dengan baik. Tetapi, Anda juga tetap membutuhkannya ketika dewasa. Kekurangan vitamin D dapat membuat Anda merasa kelelahan dan bisa berakibat pada osteoporosis ketika tua nanti.

    Anda bisa mendapatkan vitamin ini pada makanan seperti susu, orange jus, dan lain lain. Manusia bisa mendapatkan vitamin D paling banyak dari sinar matahari. Karena ketika tubuh terkena sinar UV, kulit akan memindahkan hormon menjadi D3 dari vitamin D yang belum bisa digunakan. Kemudian disimpan ke dalam liver dan ginjal sampai siap untuk digunakan.

    Vitamin E

    Vitamin E berfungsi juga sebagai antioksidan yang artinya menjaga tubuh dari kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas. Molekul inilah yang menyebabkan terjadinya penuaan. Namun, penelitian masih mencari tahu persis bagaimana antioksidan dapat membantu menjaga tubuh dari kerusakan jaringan.

    Anda bisa mendapatkan vitamin ini pada makanan seperti rumput laut, kacang-kacangan dan minyak sayur. Vitamin E juga ada pada alpukat dan sayuran yang berwarna hijau tua.

    Vitamin K

    Vitamin K memiliki peran sederhana tetapi sangat penting. Tanpa vitamin K, darah tidak akan menyatu. Orang yang memiliki masalah ini disebut hemophilia, pengidap penyakit ini akan lebih lama sembuh dari bekas luka setelah jatuh atau cidera dibanding orang pada umumnya. 

    Anda bisa mendapatkan vitamin K ini pada sayuran dengan warna hijau gelap. Namun, kacang kedelai, labu, telur dan daging juga pilihan yang baik untuk mendapatkan vitamin K.

    Vitamin B1

    Vitamin B1 khususnya membantu mengubah karbohidrat menjadi energi atau glukosa. Tubuh, otak dan urat-urat di tubuh membutuhkan itu agar semuanya bisa berfungsi secara normal. Anda bisa mendapatkan vitamin ini pada gandum, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian.

    Vitamin B2

    Seperti vitamin B1, vitamin B2 membantu tubuh mengubah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Tetapi kekurangan vitamin B2 juga bisa mengakibatkan masalah penglihatan dan migrain. Anda bisa mendapatkan vitamin B2 pada daging-dagingan, susu, dan telur. Anda juga bisa mendapatkannya pada sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

    Vitamin B3

    Vitamin B3 membantu vitamin B lainnya untuk menghasilkan energi tubuh. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk menjaga sistem pencernaan, urat-urat ditubuh dan kulit agar tetap sehat. Dan itu juga membantu sirkulasi dan bisa menghindari dari peradangan. Di US penyebab utama kekurangan vitamin B3 adalah akibat dari mengonsumsi alkohol.

    Anda bisa mendapatkan vitamin B3 pada ikan. Ikan merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin ini. Khususnya salmon dan tuna. Kamu juga bisa mendapatkannya di alpukat, kacang dan biji-bijian.

Ladies, demikian 8 vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Penuhi dengan baik, agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading