Sukses

Beauty

Ini Dia Pentingnya Sel Punca Untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Memang belum banyak yang mengetahui manfaat dan fungsi sel punca bagi kehidupan. Sel punca atau sel induk adalah sebuah golongan sel yang berdiferensiasi, memiliki potensi untuk meregenerasi berbagai macam organ. Saat tubuh rusak, sel induk dapat berdiferensiasi menjadi sel-sel organ yang baru, langsung memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan regenerasi sel. Contoh mudahnya seperti ekor cicak yang putus, ekor akan beregenerasi dan memperbaiki sel. 

Inilah yang membuat Cordlife (perusahaan jasa kesehatan ibu dan anak) untuk terus memberikan informasi terkini dan mengedukasi masyarakat mengenai terapi dan perkembangan teknologi sel punca di dunia khususnya di Indonesia.

Cordlife sebagai bank darah tali pusat pertama di Indonesia, mengadakan edukasi mengenai terapi dan perkembangan teknologi sel punca terkini di Indonesia dan juga dunia melalui acara bertajuk Meet The Experts - Stem Cell Therapy and Technology Development in Indonesia. Acara ini pun dihadiri oleh para pakar dan praktisi sel punca dengan berbagai latar belakang, di antaranya Li, MingMing Ph.D, PMP selaku Direktur Laboratorium Cordlife Group Limited; Dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA selaku spesialis anak; Dr. Dr. Rahyussalim, SpOT(K) selaku spesialis orthopaedi dan traumatologi; Yuyus Kusnadi, PhD selaku principal investigator in Stem Cell and Cancer Institute ; Indra Bachtiar, PhD selaku principal investigator in Stem Cell and Cancer Institute dan dr. Meriana Virtin selaku medical advisor Cordlife Indonesia  yang bertugas sebagai moderator saat acara.

Pembicara-pembicara tersebut mempresentasikan berbagai topik mengenai sel punca dimulai dari menghasilkan sel punca yang berkualitas, ekspansi sel punca di Indonesia, pengalaman klinis transplantasi sel punca pada anak dan juga pada kasus ortopaedi.

Sedangkan Li, MingMing Ph.D, PMP selaku Direktur Laboratorium Cordlife Group Limited memaparkan pengalaman Cordlife Group dalam merilis sel punca bagi klien Cordlife dan juga perkembangan percobaan klinis sel punca di Singapura.

"Hadirnya pembicara dari berbagai latar belakang ini bertujuan agar peserta dapat memperoleh wawasan mulai dari penyimpanan sel punca melalui bank darah tali pusat, pengolahan dan pengaplikasian sel punca secara medis melalui dokter ahli," ujar Li saat ditemui  di Hotel Ayana Midplaza Jakarta.

Berkembangnya terapi dan teknologi sel punca di Indonesia memberikan peluang yang lebih besar terhadap pengobatan berbagai macam penyakit seperti Leukemia, Serebal Palsi, Orthopaedi dan masih banyak lagi.

Dengan potensi sel punca yang masih terus berkembang di Indonesia diharapkan masyarakat untuk sadar akan pentingnya menyimpan darah dan membran tali pusat sejak dini, yang dapat menjadi investasi pengobatan bagi keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

(vem/asp/ivy)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tempat Hangout dan Belanja Terbaru di Jakarta dengan Konsep Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta