Sukses

Beauty

Lebih Sehat, Mulai Sekarang Makan dengan Tangan Yuk

Alih-alih makan dengan menggunakan sendok dan garbu, beberapa orang ternyata lebih merasa nyaman makan dengan tangan. Mungkin beberapa orang merasa risih jika makan dengan tangan secara langsung. Namun ternyata makan dengan tangan justru memiliki manfaat yang banyak.

Ladies, berikut ini adalah 5 manfaat yang kamu peroleh jika hobi makan dengan tangan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Mencegah Berbagai Penyakit

    Salah satu penelitian menyebutkan jika seseorang yang makan dengan tangan lebih memiliki risiko kecil terkena penyakit diabetes tipe 2., dibandingkan dengan orang yang makan menggunakan alat makan.

    Sebagai Sensor Alami

    Jika kamu makan dengan sendok dan garbu, maka makanan akan secara langsung masuk ke mulut. Berbeda dengan menggunakan tangan, kamu akan merasakan suhu pada makanan. Hal ini membantu tangan bekerja sebagai sensor alami.

    Ujung saraf juga mengirim sinyal ke otak tentang apa yang akan kamu makan. Ini memicu pelepasan cairan pencernaan dan enzim yang tepat untuk membantumu mencicipi makanan dengan lebih baik.

    Baik untuk Pencernaan

    Ada dua jenis bakteri dalam tubuh yaitu baik dan buruk. Bakteri yang baik akan membantu melindungi kamu dari berbagai penyakit yang berbahaya. Saat kamu menyentuh makanan dengan tangan, maka tubuh akan melepaskan cairan pencernaan dan enzim, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan.

    Mengontrol Nafsu Makan

    Sebuah penelitian tahun 2008 oleh British Medical Journal seperti yang dikutip dari top10homeremedies.com melaporkan bahwa makan sampai kenyang dan makan dengan cepat meningkatkan risiko obesitas seseorang.

    Namun, ketika kamu makan dengan tangan, maka kamu akan memperhatikan apa yang dimakan. Selain itu, makan dengan tangan akan membuat kamu sulit untuk multitasking, yang mengurangi makan tanpa berpikir, yang menjadi penyebab obesitas.

    Makan Lebih Sehat

    Mungkin kamu menganggap makan dengan tangan justru kotor dan tidak sehat, sebaliknya makan dengan tangan akan membuat kamu lebih menjaga kebersihan. Makan dengan tangan akan membuat kamu selalu cuci tangan sebelum makan.

    Ketika kamu makan dengan sendok dan garbu, maka kamu tidak tahu seberapa bersih mereka membersihkan alat makan yang kamu gunakan.

Nah, demikian 5 manfaat yang kamu peroleh dari makan dengan tangan. Sekadar saran jika kamu makan dengan menggunakan sendok dan garbu, gunakan peralatan makan secara pribadi. Jadi kamu tim makan dengan tangan atau sendok? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading