Sukses

Beauty

Pekerja Kantoran Rentan Mengalami Kenaikan Berat Badan, Kenapa?

Apakah kamu adalah seseorang pekerja kantoran atau setidaknya seseorang yang mengenal dekat orang-orang pekerja kantoran? Sadar atau tidak, tidak sedikit pekerja kantoran yang gampang sekali mengalami kenaikan berat badan. Bahkan, beberapa pekerja kantoran juga lebih mudah terserang masalah kesehatan obesitas hingga risiko jantung.

Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi? Dilansir dari laman prevention.com, ada beberapa alasan kenapa pekerja kantoran gampang sekali mengalami kenaikan berat badan hingga obesitas. Alasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Makan Sambil Bekerja
Bekerja di depan layar komputer sepanjang hari sering kali membuat seseorang bosan. Untuk mengurangi rasa bosan itu, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menyiapkan makanan atau camilan sebagai teman kerja. Beberapa orang bahkan tidak sadar jika makanan yang ia makan sudah terlalu banyak atau berlebihan hingga membuat berat badannya terus bertambah.

Tubuh Kurang Gerak
Mulai kerja jam 8 pagi, istirahat jam 12 sampai jam 1 dan pulang jam 4 sore. Selama bekerja, umumnya pekerja kantoran hanya akan bekerja di depan layar komputer atau di meja kerjanya. Karena kebiasaan ini, para pekerja kantoran pun akan kekurangan aktivitas gerak tubuh. Ketika aktivitas gerak tubuh berkurang, ini tentu akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Duduk Terlalu Lama
Para ahli menyebutkan bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan penumpukan lemak di tubuh. Penumpukan lemak ini paling kuat terjadi di area pinggang dan pantat. Tak heran, hal ini menyebabkan risiko obesitas atau kegemukan semakin tinggi.

Nafsu Makan Meningkat
Kerja di ruangan yang ber AC dan dingin akan membuat perut mudah merasa lapar. Secara tidak sadar, ini juga akan membuat nafsu makan meningkat sehingga kemungkinan besar tubuh mengalami kenaikan berat badan menjadi semakin besar pula.

Pola Makan Buruk
Tidak sedikit pekerja kantor yang memiliki pola makan buruk. Apalagi, ketika mereka bekerja lembur di malam hari. Beberapa pekerja kantor memilih untuk makan makanan siap saji yang enak, mengenyangkan dan mudah didapat tanpa memperhatikan nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalamnya.

Itulah beberapa alasan kenapa para pekerja kantoran gampang mengalami kenaikan berat badan. Selain alasan di atas, alasan lain kenapa berat badan naik adalah karena pola hidup buruk, tidak pernah olahraga, tidak memiliki istirahat cukup dan pikiran stres.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading