Sukses

Beauty

Terbukti, Rutin Bercinta Seiring Bertambahnya Usia Bisa Bikin Awet Muda!

Bagi pasangan yang menikah, mungkin aktivitas intim seperti bercinta bisa menjadi membosankan seiring berjalannya waktu. Apalagi jika bertambah tua, sepertinya keinginan bercinta semakin berkurang. Tapi tahukah kamu ladies, bahwa ternyata menjaga hubungan intim tetap hangat saat bertambahnya usia justru punya manfaat besar terhadap kesehatan?

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, mengungkapkan bahwa aktivitas seksual berhubungan erat dengan menjaga fungsi optimal kognitif di usia dewasa tua. Dengan kata lain, otak akan tetap cerdas jika kamu rutin bercinta saat kamu paruh baya hingga usia tua.

Peneliti mempelajari 73 orang dewasa antara usia 50-83 tahun di mana mereka melakukan tes Addenbrooke's Cognitive Examination-III dan uji evaluasi mengenai pemusatan perhatian, memori dan kelancaran lisan. Mereka juga ditanya berapa kali melakukan hubungan intim secara mingguan, bulanan atau tidak pernah sama sekali.

Bercinta saat tua membuat otak awet muda/copyright Shutterstock.com

Setelah melakukan analisis data, berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan riwayat kesehatan kardiovaskuler, peneliti menemukan bahwa partisipan yang lebih sering bercinta memiliki hasil tes ACE-III lebih tinggi dibanding mereka yang tidak rajin bercinta.

Dan hal ini bukanlah bukti penelitian pertama yang pernah ada, penelitian sebelumnya di tahun 2016 yang diterbitkan dalam Oxford Academic juga menunjukkan bahwa fungsi optimal kognitif hubungan erat dengan frekuensi bercinta.

Jadi, jika ingin tidak mudah pikun, fungsi otak tetap terjaga dan awet muda saat sudah tua usia kakek nenek, tetaplah bercinta ya ladies. Bukan hanya menjaga keharmonisan rumah tangga tapi juga kesehatan tubuh.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading