Sukses

Beauty

Tanpa Obat, Ini 4 Trik Mudah Agar BAB Lancar

Punya masalah sering susah buang air besar (BAB)? Rasanya pasti tidak enak sekali ya bila "urusan ke belakang" ini bermasalah. Apalagi bila sudah sembelit atau konstipasi, sungguh tersiksa rasanya.

Agar BAB lancar ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Nggak harus mengonsumsi obat, tapi ada sejumlah cara alami yang lebih aman yang bisa dilakukan secara rutin agar BAB selalu lancar. Untuk selengkapnya, langsung saja ya ikuti infonya di bawah ini.

Minum Minuman Hangat
Minuman hangat bisa menstimulasi sistem pencernaan. Hal ini bisa meningkatkan kinerja peristaltik (gerakan yang terjadi pada otot-otot pada saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot/menelan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan). Kalau ingin pencernaan lebih lancar, bisa konsumsi kopi hangat. Dikutip dari prevention.com, Satish Rao, MD, direktur Digestive Health Center at Augusta University dalam penelitiannya menemukan bahwa kopi berkafein bisa meningkatkan kontraksi di usus yang 60% lebih kuat daripada air hangat, dan 23% lebih intens daripada kopi dekafein. Dia menjelaskan bahwa kandungan dalam kopi bisa memicu produksi hormon-hormon tertentu dalam tubuh yang membantu proses BAB.

Ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar BAB lancar./Copyright pexels.com

BAB dengan Posisi Jongkok
WC jongkok bisa jadi pilihan yang lebih efektif agar BAB lebih lancar. Karena dengan posisi jongkok, otot puborectalis akan lebih rileks dan sudut anorektal melebar, sehingga mempermudah proses pengeluaran feses.

Bangun Tidur Lebih Pagi
Pagi hari adalah waktu terbaik untuk BAB. Karena pada pagi hari, usus yang baru mulai aktif berkontraksi dan memberi sinyal untuk BAB. Sehingga bisa mempermudah proses pengeluaran feses. Kalau bangun kesiangan, sinyal ini bisa terlewati dan urusan BAB bisa terhambat.

Pijat Area Perineum
Apa itu perineum? Perineum adalah bagian anatomi yang terletak di panggul. Ini adalah bagian yang paling bawah dari saluran panggul, yang terletak di antara paha. Memberi pijatan lembut di area ini bisa membantu proses BAB lebih lancar. Para peneliti meyakini bahwa memberi pijatan di area perineum bisa membantu mengatasi feses yang keras dan membuat proses pengeluarannya lebih mudah.

Rutin minum air putih yang cukup setiap hari juga bisa sangat membantu untuk proses BAB yang lebih lancar. Kalau kamu memiliki masalah sembelit atau konstipasi yang tak kunjung sembuh selama berhari-hari, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya ladies.




(vem/nda)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas
Artikel Selanjutnya
Tempat Hangout dan Belanja Terbaru di Jakarta dengan Konsep Ramah Lingkungan