Sukses

Beauty

Duh, Selfie Bisa Bikin Hidung Kamu Keliatan Lebih Besar dari Aslinya Lho!

Banyak orang suka sekali selfie di mana pun. Sejak teknologi handphone punya kamera canggih dan menghasilkan gambar bagus, semua orang sepertinya tak ada yang tak pernah melakukan selfie. Tapi tahukah kamu bahwa ada fakta mengejutkan tentang selfie bahwa foto selfie sama sekali tidak menunjukkan proporsi asli wajah seseorang.

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Facial Plastic Surgery menemukan bahwa sebenarnya selfie membuat hidung tampak lebih besar dari aslinya. Peneliti dari Rutgers University dan Stanford University menggunakan data dari National Institute of Occupational Safety and Health untuk melihat proporsi rata-rata wajah orang (termasuk ukuran panjang dan lebar hidung).

Peneliti mengevaluasi perbedaan ukuran hidung di antara foto yang diambil 12 inci dari wajah seseorang (yaitu jarak rata-rata selfie) dan jarak yang lima meter dari wajah (jarak potret standar). Menggunakan rumus matematika, ternyata didapatkan bahwa ukuran hidung akan lebih besar dengan foto selfie.

Foto selfie cenderung mendistorsi wajah dengan membuat hidung terlihat lebih besar. Rata-rata, hidung akan tampak lebih besar 30% dibanding aslinya. Hal ini mungkin tampak sepele, tapi berdasarkan data American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgery, sebanyak 55% orang datang untuk melakukan operasi plastik hanya agar mereka tampak bagus saat selfie. Padahal, foto selfie tidak menunjukkan bentuk wajah asli mereka.

Selama ini mereka salah menilai dan tidak melihat proporsi wajah asli mereka. Hal ini sangat disayangkan. Akan lebih baik jika banyak orang lebih bersyukur dengan wajah yang diberikan Tuhan, alih-alih terlihat bagus di selfie dan mengorbankan hal yang sebenarnya bukan masalah besar.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading