Sukses

Beauty

8 Cara Mudah Memudarkan Stretch Mark Dari Bahan Alami di Rumah

Keberadaan stretch markdi tubuh sering kali membuat penampilan kurang maksimal. Tidak sedikit juga yang merasa kurang percaya diri karena tubuhnya tak lagi mulus setelah munculnya stretch mark.

Mengenai stretch mark sendiri, umumnya kondisi ini dihubung-hubungkan dengan kehamilan. Tapi ternyata, kondisi ini tak hanya timbul karena kehamilan. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja karena ketidakseimbangkan hormon dalam tubuh. Dan untuk menghilangkan stretch mark nampaknya tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal. Tapi, kamu tetap bisa menghilangkannya dengan mudah dan murah di rumah melalui cara alami.

Mengutip dari Bright Side, Rabu (22/3/2018), terdapat delapan tips alami untuk memudarkan stretch marksecara efektif.

1. Minum banyak air

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika kamu cukup minum air, kulit akan tetap lembut dan lebih elastis. Air akan membuat kulitmu lembab, sementara kulit kering cenderung lebih rentan terhadap munculnya stretch mark, bekas luka, dan keriput. Studi menunjukkan penting untuk minum sekitar 8-9 gelas air setiap hari.

2. Jus lemon

Vitamin C yang dikandung oleh lemon dapat meningkatkan perkembangan kolagen sehingga membuat kulit lebih elastis. Jus lemon yang asam juga mampu mempercepat hilangnya sel kulit mati. Ini akan menghilangkan stretch mark secara efektif. Caranya, gosokkan jus lemon pada area kulit yang memiliki stretch mark. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan penyembuh kulit alami. Antioksidan dalam lidah buaya mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain itu, lidah buaya juga kaya kolagen yang membuat kulit lebih lembut dan elastis. Sebelum menggunakan lidah buaya, pastikan kamu tidak memiliki alergi. Jika tidak alergi, gosokkan dengan baik pada stretch mark. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Gosokkan minyak jarak

Minyak jarak kaya asam risinoleat yang membantu menyembuhkan stretch mark. Asam lemak yang dikandung minyak jarak berfungsi sebagai pelembap yang sempurna. Caranya, gunakan minyak jarak untuk memijat kulit di area yang terdapat stretch mark. Kemudian tutupi daerah tersebut selama 20-30 menit dengan lembaran plastik. Untuk efek lebih baik, panaskan kulit dengan botol air panas.

Gunakan bahan alami untuk menghilangkan stretch mark di tubuh/copyright thinkstockphotos.com

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya asam laurat yang membantu memperbaiki kerusakan kulit. Menerapkan minyak kelapa pada stretch mark setiap hari, membantu kulitmu sembuh lebih cepat. Paling tidak, stretch mark berkurang. Caranya, pijat area yang terdapat stretch mark dengan minyak kelapa selama 2-3 menit. Biarkan minyak kelapa terserap sempurna di kulit.

6. Sembuhkan dengan vitamin A

Vitamin A mampu memperbaiki stretch mark yang belum terlalu parah dan membuat kulit lebih halus. Kamu bisa mengonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen, buah-buahan, sayur-sayuran hijau dan kuning, telur, ikan, produk susu, dan hati.

7. Eksfoliasi dengan scrub gula

Gula secara efektif membuat sel kulit mati mengelupas, terutama di area stretch mark. Eksfoliasi juga meningkatkan sirkulasi darah. Caranya campur setengah cangkir gula dengan air hingga mendapatkan tekstur seperti pasta. Oleskan di area stretch mark menggunakan gerakan memijat. Biarkan selama 2-3 menit. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

8. Putih telur

Putih telur mengandung protein yang membantu regenerasi kulit. Selain itu, juga terdapat kolagen yang membantu kulit lebih elastis. Kamu bisa menggunakan putih telur untuk menghilangkan stretch mark. Caranya, kocok putih telur kemudian aplikasikan secara lembut pada stretch mark. Diamkan hingga putih telur mengering. Kemudian cuci bersih dengan air hangat. Oleskan pelembab ke kulit kamu. Lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Ladies, itulah sedikitnya 8 cara mudah, murah dan alami untuk menghilangkan stretch mark. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba ya. Jika selama melakukan perawatan terjadi iritasi, pastikan untuk segera membilas kulit dan hentikan perawatan kemudian kompres kulit dengan air es.

Sumber: Liputan6.com

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Daftar Sekolah Jakarta yang Hentikan PTM Akibat Temuan Kasus Positif Covid-19
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen