Sukses

Beauty

Mengenal Lebih Dekat Tentang Depresi yang Rentan dengan Risiko Bunuh Diri

Kabar meninggalnya desainer kenamaan Kate Spade memang mengejutkan. Kate Spade ditemukan dalam keadaan bunuh diri oleh asisten rumah tangganya di salah satu apartemen di Manhattan, Selasa (5/6/2018). Saat ditemukan, Kate sudah dalam keadaan tak sadarkan diri dan berita kematiannya langsung diumumkan pada pukul 10.26.

Depresi seringkali dikaitkan dengan alasan seseorang memilih untuk bunuh diri. Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih. Depresi bisa mempengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati dan cara seseorang untuk menghadapi aktivitasnya sehari-hari. Banyak penderita depresi yang merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi, tidak doyan makan, tidak bisa tidur (insomnia) hingga menyalahkan diri sendiri.

Baca Juga: Dunia Fashion Berduka: Desainer Kate Spade Meninggal Karena Gantung Diri

Mengenal Gejala Depresi

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami depresi, antara lain tekanan dari sekitar dan merasa gagal karena tidak mencapai apa yang diinginkan. Nah, berikut ini adalah gejala depresi yang perlu kamu ketahui:

  1. Kehilangan selera untuk makanan kesukaan atau hobi
  2. Sering sedih, sering cemas, merasa hidup tak ada harapan, merasa sangat bersalah
  3. Tidak ada motivasi hidup
  4. Mudah marah dan sangat sensitif
  5. Badan selalu merasa lelah
  6. Sakit seluruh tubuh, lemah, lesu, lambat dalam beraktivitas, tidak fokus
  7. Sakit kepala berkepanjangan

Bagaimanapun juga, depresi bukanlah hal yang sepele. Perlu penanganan khusus agar dapat mencegah hal yang lebih buruk.

Baca JugaPahami Kesehatan Jiwa Kamu dengan Kuis Sehat Jiwa dari Kementrian Kesehatan

Depresi dan Bunuh Diri

Sebenarnya pada tahap apa seorang yang depresi memutuskan untuk bunuh diri? Menurut Ayoe Sutomo, M.Psi, Psikolog Citra Ardhita Psychological Services, depresi sebenarnya tidak selalu berujung pada keinginan bunuh diri. Ada beberapa tahapan depresi yang bisa dialami, hingga seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Bahkan butuh waktu dua minggu sampai tiga bulan untuk seseorang memilih mengakhiri hidupnya sendiri.

Sebenarnya kita dapat melihat orang terdekat kita bila terjadi perubahan yang mengarah pada depresi seperti yang tadinya senang makan jadi tidak nafsu makan, selalu tidur dan mengurung diri di kamar atau rumah. Atau sebaliknya jadi makan melulu, tidak tidur, bahkan sampai tidak mau pergi kemana-mana. Jika melihat teman, keluarga, atau pasangan berperilaku seperti itu, bisa saja mereka sedang depresi.

Ladies, menjadi pendengar yang baik memang tidak mudah. Tetapi, cobalah untuk menjadi pendengar untuk orang terdekatmu. Peka dengan apa yang terjadi pada sahabatmu. Jika bukan kamu, siapa yang akan peduli pada mereka? Selamat hari ini.

(vem/apl)
What's On Fimela
Loading