Sukses

Beauty

Bukan Capek Biasa, Ini 8 Tanda Kesehatan Mentalmu Sedang Bermasalah

Kalau ngomongin soal kesehatan, biasanya yang terlintas adalah kesehatan tubuh saja. Padahal sebenarnya kondisi jiwa dan mental juga bagian dari kesehatan. Kalau kondisi mental terganggu, kondisi tubuh biasanya akan ikut terganggu.

Penting untuk mengenali gejala-gejala gangguan mental ini untuk mencegah kondisi makin memburuk. Bahkan kondisi yang membuatmu sering merasa capek bisa jadi salah satu gejala kesehatan mentalmu bermasalah. Untuk selengkapnya, yuk ikuti info lebih detailnya di sini.

Gangguan Tidur
Dikutip dari metro.co.uk, Dr Antonis Kousoulis, assistant director dari Mental Health Foundation memaparkan bahwa gangguan tidur merupakan gejala dasar kesehatan mental seseorang memburuk. Sulit tidur atau berulang kali terbangun pada dini hari bisa jadi salah satu tanda depresi. Bahkan merasa tidak butuh tidur sama sekali bisa mengindikasikan gejala bipolar hypomania.

Gangguan tidur jadi salah satu gejalanya./Copyright pexels.com

Perubahan Pola Makan
Masalah kesehatan mental bisa memengaruhi nafsu makan. Perubahan drastis dalam nafsu makan (terlalu sedikit makan atau kebanyakan makan) bisa jadi salah satu gejala gangguan mental. Apalagi kalau perubahan pola makan ini disertai dengan gejala-gejala lain, maka bisa segera disimpulkan kalau kesehatan mentalmu bermasalah.

Tak Punya Semangat Beraktivitas Sehari-hari
Sering merasa kehilangan semangat untuk beraktivitas sehari-hari? Tak lagi menyukai hal-hal yang dulu sering dilakukan? Ini bisa juga jadi tanda kesehatan mentalmu sedang bermasalah.

Perubahan pada Libido
Perubahan tiba-tiba pada libido atau gairah juga bisa jadi tanda kesehatan mental sedang bermasalah. Jadi kalau libido mendadak menurun atau malah meningkat lebih dari biasanya, waspadai kesehatan mentalmu terganggu.

Kesulitan Meredakan Stres Setiap Hari
Kalau setiap harinya makin kesulitan meredakan atau mengelola stres, bisa jadi kesehatan mentalmu bermasalah. Bila kondisi stres yang tadinya bisa diatasi dengan mudah jadi makin sulit diredakan, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter ya.

Hilang semangat./Copyright pexels.com

Makin Sulit Menentukan Pilihan
Sering dilema dan sulit menentukan pilihan juga bisa jadi salah satu gejala awal gangguan mental. Apalagi kalau disertai dengan makin sulit berkonsentrasi, maka makin besar kemungkinan kamu sedang megnalami gangguan mental.

Makin Mudah Tersinggung
Nggak lagi PMS tapi kok jadi sering mudah tersinggung? Bisa jadi ini gejala gangguan mental. Coba monitor mood dan emosimu setiap harinya. Bila kondisinya berlangsung cukup lama, segera cari bantuan untuk mendapatkan penanganan tepat.

Menarik Diri dari Lingkaran Sosial
Salah satu gejala depresi adalah menganggap diri sendiri cuma beban. Sehingga memutuskan untuk menarik diri dari lingkaran sosial. Lebih memilih menyendiri dan menutup diri.

Bila kamu mengalami gejala-gejala di atas dan berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya ladies. Bagaimana pun kondisi kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh.




(vem/nda)
What's On Fimela
Loading