Sukses

Beauty

5 Jenis Makanan yang Harus Dimakan Agar Kamu Nggak Depresi

Terlalu banyak kegiatan, bertemu dengan banyak orang dan menghadapi tekanan pekerjaan, pasti membuat siapapun rentan stres dan bahkan depresi. Mesti tidak mengalami sakit fisik, namun secara mental, orang yang mengalami stres akut hingga depresi sudah tidak sehat.

Oleh karena itu, jika sudah menyadari dari awal bahwa stres bisa menimbulkan depresi dan bisa sangat membahayakan kesehatan, ada baiknya jika mulai mengonsumsi banyak makanan-makanan berikut ini.

1. Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan sangat membantu mengurangi gejala depresi. Dalam sebuah penelitian bahkan dibuktikan bahwa minum suplemen EPA atau minyak ikan setara dengan mengonsumsi obat anti-depresi. Ikan-ikan seperti tuna, salmon, sarden, dan teri atau ikan lat lainnya punya kandungan asam lemak omega-3 lebih banyak.

2. Telur dan Jamur

Makanan tinggi vitamin D seperti telur dan jamur sangat membantu mengurangi stres dan mencegah depresi. Vitamin D sangat dibutuhkan karena sebagai katalis bereaksi dengan hormon tubuh, memegang peran penting menjaga fungsi optimal otak dan syaraf.

3. Kurangi makan junk food, perbanyak sayur

Makanan olahan seperti gorengan, kentang goreng, sosis, burger, dan lainnya tak hanya bikin gemuk tapi juga merusak suasana hati. Jenis makanan ini menimbulkan inflamasi dalam tubuh, tidak terkecuali otak yang berhubungan dengan pemicu depresi. Makanlah lebih banyak sayuran untuk mengurangi infalamsi dan mencegah depresi.

4. Dark cokelat

Sudah dibuktikan banyak penelitian dan psikologis bahwa dark cokelat bisa menurunkan stres, mencegah depresi dan meningkatkan mood. Flavonoid dalam cokelat membantu membuat saraf rileks, menurunkan inflamasi dalam tubuh dan melancarkan aliran darah.

5. Tempe dan Yogurt

Makanan yang difermentasi seperti tempe, yogurt, kimchi, dan lainnya yang mengandung probiotik tidak hanya baik untuk usus tapi ternyata juga bisa menurunkan risiko depresi karena mengurangi inflamasi tubuh.

Sekian makanan di atas sangat baik dalam mencegah depresi dan menjaga kesehatan fisik serta mental seseorang. Jadi, jika kamu sudah merasa stres dan lelah menghadapi kehidupan, makanlah makanan-makanan di atas ya ladies. Jangan sampai kamu depresi ya!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading