Sukses

Beauty

Bahaya Minum Air Saat Makan? Baca Fakta Kesehatannya!

Kamumungkin pernah bertanya-tanya, sebaiknya boleh tidak sih minum saat kita makan? Karena beberapa orang meyakini bahwa minum selagi makan itu seharusnya tidak dilakukan. Lebih baik minum setelah acara makan selesai. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa minum di tengah-tengah makan akan mengencerkan asam lambung sehingga sulit mencerna makanan.

Tapi benarkah begitu? Manakah yang sebaiknya dilakukan? Apakah minum air putih di tengah-tengah makan sebegitu berbahayanya bagi tubuh, atau hanya mitos saja?

Secara ilmiah, proses pencernaan sudah dimulai bahkan sebelum kita makan makanan. Ketika mulut memproduksi banyak air liur sebelum makanan masuk ke mulut. Ketika makana dikunyah, air liur akan membantu menghaluskan makanan sehingga lebih mudah dicerna lambung.

Ketika makanan berada di lambung dan bercampur dengana sam lambung, perut butuh waktu empat jam lamanya untuk mencerna makanan. Sedangkan air, tidak akan bertahan selama itu di dalam perut. Ketika kamu minum air, hanya butuh 10 menit saja bagi air untuk melalui sistem pencernaan.

Air akan lewat di dalam perut dalam 10 menit dan tidak mengganggu pencernaan/copyright Brightside.me

Air tidak akan bertahan menjadi 'kubangan' di dalam lambung dan mengganggu pencernaan seperti yang dipikirkan banyak orang. Sebaliknya, air hanya akan lewat di antara makanan, menyisakan sedikit air agar makanan tidak terlalu padat sehingga bisa membantu melancarkan, dan meninggalkan perut dengan segera.

Air juga tidak akan menetralkan asam lambung ketika itu terjadi. Karena ketika merasa tidak mampu mencerna makanan, maka dengan alami lambung akan memproduksi lebih banyak enzim dan meningkatkan keasaman sehingga bisa mencerna makanan dengan baik.

Makan sambil minum tidak masalah dan tidak mengganggu kesehatan/copyright Brightside.cme

Penelitian yang diterbitkan dalam Food Science dengan judul Disintegration of Solid Foods in Human Stomach juga menyebutkan bahwa lambung akan segera menyesuaikan diri jika air menetralkan asam lambung. Dengan kata lain, air tidak mengganggu proses pencernaan.

Jadi, apakah minum di tengah-tengah makan itu tidak baik? Jawabannya, tidak. Selain air putih membantu melancarkan pencernaan karena membuat makanan tidak terlalu padat, air juga memebantu metabolisme yang baik di tubuh.

Tubuh kita memang didesain sangat rumit namun dengan sistem yang sangat sempurna, jadi tidak ada salahnya minum saat makan, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading