Sukses

Beauty

Puasa dan Penyakit Asma

Puasa adalah sebuah kegiatan dimana kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Di Indonesia, dimana sebagian besar penduduknya adalah muslim, menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Bukti-bukti yang ada menunjukan bahwa beberapa masalah kesehatan muncul akibat berpuasa. Ini juga menunjukan bahwa kebanyakan orang tidak meminum obat mereka saat berpuasa atau meminumnya pada waktu dan cara yang berbeda dari biasanya.

Hanya beberapa ahli yang menyatakan bahwa berpuasa dapat menyebabkan timbulnya asma, mengesampingkan fakta bahwa berpuasa dapat merubah cara orang mengendalikan asma mereka. Beberapa orang menganggap menggunakan inhaler bisa membatalkan puasa mereka.

Seperti yag dilansir oleh asthma.org.uk, hanya ada sedikit bukti bahwa berpuasa bisa menyebabkan asma. Kecuali jika anda berhenti mengkonsumsi obat selama berpuasa.

Namun janganlah resah, jika anda seorang muslim dan mengidap asma, anda masih bisa menjalankan ibadah puasa dengan terlebih dulu mempersiapkan segala hal.

Sebelum menjalankan ibadah puasa, sebaiknya anda mendiskusikan perencanaan anda saat berpuasa dengan dokter anda. Dokter anda akan membantu anda untuk merencanakan kapan saja anda harus meminum obat. Disarankan agar anda jangan berhenti menkonsumsi obat anda tanpa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

Mintalah obat asma yang dapat mencegah asma anda untuk kambuh lebih lama. Selain itu, anda harus mengkonsumsi cairan yang lebih banyak sebelum berpuasa, karena saluran pernafasan yang kering bisa memicu asma. Hindari aktivitas yang berat ketika berpuasa.

Meskipun hukum islam mengijinkan orang yang memiliki penyakit yang berat untuk tidak berpuasa, beberapa orang yang mengidap asma memilih untuk menjalankan puasa. Ini tidak apa-apa selama anda merencanakannya dengan baik dan benar. Selamat beribadah!

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading