Sukses

Beauty

Kenalan Dengan Brachytherapy

Bagi para penderita kanker, nama radioterapi pasti tidak asing lagi. Metode pengobatan paska operasi ini diyakini ampuh mengurangi kemungkinan tumbuh sel kanker. Nah, sekarang apa yang Anda ketahui tentang brachytherapy?

Brachytherapy alias radiasi internal adalah metode penanganan kanker dengan menggunakan material radioaktif yang ditanamkan kedalam tubuh penderita. Brachytherapy ini mampu menyalurkan energi radisi yang lebih besar pada area yang lebih spesifik daripada metode radiasi eksternal. Di samping itu, efek samping dan durasi penyembuhan brachytherapy ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan radiasi eksternal.

Berdasarkan lansiran oleh breastcancer.org, tak hanya kanker payudara, metode radiasi internal digunakan untuk menangani berbagai macam kanker seperti kanker mata, paru-paru, kulit, prostat, bahkan sampai kanker vagina. Brachytherapy juga dapat diterapkan bersama-sama dengan terapi radiasi eksternal.

Tidak seperti yang ditakuti banyak orang, efek samping dari radioterapi internal inisangat kecil dan tidak berbahaya. Efek samping yang paling sering terjadi pada pasien yang menggunakan metode ini adalah pembengkakan di area payudara yang terpakai saat terapi. Jika Anda mengalami efek samping yang lain setelah melakukan brachytherapy segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Dalam mempraktekkan brachytherapy, dokter akan terlebih dahulu menentukan kondisi kesehatan Anda beserta lokasi dari sel kanker yang akan dihabisi oleh radiasi. Radiasi internal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pipa mungil berisi radioaktif yang dijahit ke area payudara atau menggunakan tabung dengan balon khusus (Mammosite system) yang dimasukkan kedalam payudara.

Resiko efek samping dari metode terapi ini tergolong sangat kecil hingga nol. So, Anda tak perlu ragu lagi untuk melakukan brachytherapy ini Ladies!

Oleh: Sony Anshar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading