Sukses

Beauty

Dua Langkah Pengendalian Asma

Jika anda menderita asma dan ingin menjalani perawatan yang efektif untuk asma yang anda derita, anda harus mengerti dan meneliti gejala-gejala asma yang anda alami dan mengukur seberapa baik paru-paru anda bekerja. Informasi-informasi ini dapat menjadi acuan untuk memilih perawatan asma anda menurut rencana yang anda buat bersama dokter anda.

Dengan memiliki peran aktif dalam mengatur perawatan asma akan membantu anda untuk memiliki pengendalian asma jangka panjang yang lebih baik, mencegah serangan asma, dan mencegah masalah-masalah jangka panjang.

Buatlah perencanaan asma dalam bentuk tertulis bersama dokter anda. Perencanaan tertulis ini akan menjadi panduan perawatan asma yang sesuai dengan kebutuhan anda. Situs mayoclinic.com juga membantu dengan mengikuti dua langkah berikut ini untuk mendapatkan perawatan asma yang baik:

1.    Kenali gejala-gejala anda

Tulislah gejala-gejala asma yang anda alami dalam buku harian asma anda setiap harinya. Mencatat gejala-gejala yang anda alami dapat membantu anda mengetahui kapan anda butuh untuk membuat perencanaan perawatan yang sesuai untuk anda yang berdasarkan kepada perencanaan asma anda.

2.    Catat seberapa baik paru-paru anda bekerja

Dokter anda mungkin akan meminta anda untuk mencatat hasil tes pernafasan (tes fungsi paru-paru)anda secara berkala. Jika paru-paru anda tidak bekerja sebaik yang seharusnya, anda bisa saja telah kehilangan kendali pada asma anda.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading