Sukses

Beauty

Hindari Serangan Asma yang Disebabkan Demam dan Flu

Demam atau flu adalah salah satu penyebab umum yang dapat memicu suatu serangan asma, terutama pada anak-anak dan usia muda. Hidung yang tersumbat, tenggorokan yang sakit, batuk, badan panas, atau tanda-tanda dan gejala-gejala lainnya yang disebabkan oleh virus flu (influenza) bisa menjadi penyebab asma.

Namun jika anda memiliki penyakit asma, bahkan infeksi kecil yang terjadi pada saluran pernafasan anda dapat menciptakan masalah yang serius. Akan muncul tanda-tanda dan gejala-gejala asma seperti nafas yang menimbulkan bunyi dan dada yang sesak, yang mungkin saja tidak akan bereaksi dengan obat-obatan asma yang biasa anda konsumsi. Di samping itu, gejala-gejala asma yang disebabkan oleh infeksi pada saluran pernafasan dapt bertahan selama beberapa hari atau minggu.

 

Tidak ada cara yang pasti untuk mempertahankan diri anda sendiri atau anak anda dari penyakit flu atau demam. Namun anda dapat mencegahnya dengan melakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang dapat dikutip dari mayoclinic.com berikut ini:

  • Dapatkan suntikan anti flu sekali setahun dari dokter anda
  • Tanya dokter anda apakah anda membutuhkan vaksin pneumonia (radang paru-paru)
  • Hindari kontak dengan siapa saja yang sedang sakit
  • Sering cuci tangan. Cuci tangan dengan benar dapat membunuh kuman yang dapat menimbulkan infeksi pada saluran pernafasan
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut anda karena kuman dapat masuk ke tubuh anda melalui mata, hidung, dan mulut.
  • Pertahankan berat badan ideal. Olahraga yang teratur tentu saja dapat menyehatkan tubuh anda.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading