Sukses

Beauty

Apa Yang Sebenarnya Terjadi Ketika Asma Menyerang?

Apakah Anda pernah mengalami serangan asma? Apa yang Anda rasakan? Serangan asma dapat sangat membuat Anda tidak nyaman karena sulitnya untuk bernapas. Namun, apakah Anda tahu apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda ketika mengalami serangan asma?

Nhs.uk menjelaskan bahwa selama asma menyerang Anda, otot-otot yang ada pada saluran pernapasan mengetat, menghalangi oksigen untuk masuk ke paru-paru. Terjadi peradangan di sepanjang saluran pernapasan yang membengkak. Selain itu, pada serangan asma, saluran pernapasan Anda memproduksi lendir dan dahak yang kental yang menyebabkan saluran pernafasan Anda menjadi lebih sempit lagi.

Jalannya udara menjadi menyempit, membuatnya sulit untuk melalui saluran pernapasan ke paru-paru. Hal ini membuat Anda kesulitan bernapas dan menimbulkan suara yang khas, meskipun tidak semua orang yang mengidap asma bernapas dengan menimbulkan suara. Pada serangan asma yang sangat berat dan parah, kebanyakan tidak timbul suara.

Serangan asma dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Namun biasanya ada tanda-tanda yang harus Anda waspadai beberapa hari sebelumnya. Diantaranya adalah gejala-gejala asma yang Anda alami menjadi lebih buruk, khususnya pada malam hari, dan membutuhkan inhaler lebih dan lebih.

Jika Anda atau salah satu kerabat Anda mengalami serangan asma yang berat, segera hubungi unit gawat darurat untuk menghindari kemungkinan yang terburuk. Jika Anda mulai mengalami gejala-gejala asma yang semakin buruk, baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter dan waspada setiap saat. Buatlah persiapan jika sewaktu-waktu Anda mengalami serangan asma yang berat.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading