Sukses

Beauty

Kemungkinan Mengidap Kanker Payudara Karena Keturunan

Seperti yang sudah kita ketahui, kalau sebenarnya wanita yang menderita kanker payudara bisa disebabkan oleh faktor genetik dan juga faktor lingkungan. Nah, kali ini yang akan kita bahas yaitu faktor yang pertama, faktor genetik.

Kalau bicara tentang gen, identik dengan kesamaan fisik antara orangtua dengan anaknya. Bahkan tidak hanya fisik, namun juga karakter yang bisa saja diturunkan.

Nah, begitu juga dengan kanker payudara. Menurut idph.state.il.us, penyebab yang paling umum dari kanker payudara yang diturunkan oleh orangtua kepada anak adalah adanya gen yang mengalami mutasi, dan itu akan diturunkan kepada anaknya. Ya, diantaranya adalah gen BRCA1 dan juga BRCA2.

Pada sel yang normal, kedua gen ini akan mencegah terjadinya kanker dengan cara membentuk protein yang menjaga sel tumbuh dengan normal. Jadi, gen ini menjaga agar sel tidak tumbuh secara liar.

Ketika gen ini mengalami mutasi, maka besar kemungkinan sel-sel di dalam tubuh akan tumbuh di luar kontrol. Nah, jika ibu memiliki gen ini, lalu diturunkan kepada anaknya, otomatis gen anak akan memiliki sifat yang sama dengan ibunya.

Sel anak juga akan tumbuh di luar kontrol karena adanya gen ini. Wah, Ladies, sudah mengerti kan sekarang prosesnya?

Nah, secara otomatis, dengan memiliki gen BRCA1 dan BRCA2 yang bermutasi, anak akan memiliki risiko yang tinggi untuk menderita kanker payudara selama hidupnya. Kanker yang disebabkan oleh adanya gen yang diturunkan ini ternyata banyak diderita oleh wanita pada usia muda.

Wah, wah, padahal masa depan mereka masih panjang, ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading