Sukses

Beauty

Awal Mula Terbentuknya Kanker Payudara

Banyak wanita yang melakukan berbagai upaya pencegahan kanker payudara yang telah menjadi penyakit yang banyak menyerang wanita, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk berkembang pada pria. Tinggi rendahnya resiko untuk terjangkit payudara memang disebabkan oleh banyak faktor.

Namun, apakah anda tahu bagaimana kanker dapat berkembang dan menyerang payudara anda? Seperti yang dapat dilansir dari cancer.gov, kanker dimulai dari tumbuhnya sel-sel kanker. Sel-sel ini dapat menyumbat semua jaringan dan organ-organ pada tubuh anda, termasuk payudara.

Dalam payudara dan bagian-bagian lain pada tubuh anda juga terdapat sel-sel yang normal. Sel-sel normal ini tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru ketika dibutuhkan. Ketika sel-sel yang normal telah menjadi tua atau rusak, sel-sel tersebut digantikan oleh sel-sel baru yang menempati tempat mereka sebelumnya.

Namun kadang-kadang proses ini tidak berjalan seperti seharusnya.sel-sel baru terbentuk ketika tubuh anda tidak membutuhkannya, dan sel-sel yang tua dan rusak tidak mati seperti seharusnya. Mereka membentuk sebuah jaringan yang sering disebut gumpalan atau tumor.

Tumor adalah kumpulan jaringan yang tidak normal yang disebabkan oleh sel-sel yang membelah lebih banyak dari seharusnya atau yang tidak mati. Ada dua jenis tumor pada payudara, tumor yang dapat menyebabkan kanker dan yang tidak.

Tumor yang tidak menyebabkan kanker biasanya tidak berbahaya, jarang menyerbu jaringan disekitarnya, tidak berkembang ke bagian lain pada tubuh, dan bisa diagkat serta tidak tumbuh kembali. Sedangkan tumor yang dapat menyebabkan kanker bisa mengancam kehidupan, bisa menyerbu organ dan jaringan disekitarnya, dapat berkembang ke organ tubuh lainnya, dan seringkali bisa diangkat namun kadang-kadang tumbuh kembali.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading