Sukses

Beauty

Rokok Sebabkan Kanker Payudara?

Ladies, seperti yang kita ketahui, memang ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang terjangkit kanker payudara. Beberapa diantaranya memang tidak dapat kita kendalikan seperti misalnya gen yang diturunkan dari ibu kepada anaknya.

Namun ada juga faktor yang bisa kita kendalikan seperti misalnya gaya hidup dan pola makan sehari-hari. Nah, termasuk juga minum minuman yang beralkohol dan juga merokok.

Kali ini yang menjadi pembahasan kita yaitu fenomena merokok di kalangan wanita. Ladies, dahulu mungkin masih agak tabu ya ketika melihat wanita di sekeliling kita merokok. Namun apa yang terjadi sekarang? Merokok sudah menjadi hal yang sangat lumrah, dan bukan menjadi rahasia lagi.

Huffingtonpost.com menyatakan bahwa sebuah penelitian yang telah dilakukan baru-baru ini menyatakan bahwa wanita yang merokok memiliki risiko yang lebih besar untuk menderita kanker payudara. Risiko ini semakin diperparah ketika merokok dimulai di usia yang terhitung dini.

Namun, risiko yang harus ditanggung karena merokok ini terhitung kecil, kecuali memang untuk beberapa perokok berat. Sumber yang sama juga menyatakan bahwa dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok, wanita perokok memiliki risiko yang lebih tinggi sebesar 6% untuk menderita kanker payudara.

Wah, Ladies, apa tidak sebaiknya kita menghindari hal ini? Kesehatan kita ini terlalu berharga kalau hanya untuk dihabiskan dengan melakukan aktivitas yang merugikan kesehatan, merokok ini salah satunya.

Ya, memang benar, risikonya tidak terlalu tinggi. Namun, perokok berat yang mulai merokok di usia yang sangat muda akan semakin membuat keadaan jadi lebih parah.

Jadi, bukankah sebaiknya dihindari?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading