Sukses

Beauty

Ciri-ciri Fisik Penderita Bulimia

Bulimia adalah salah satu jenis eating disorder yang banyak diderita oleh orang-orang di dunia ini tanpa perduli laki-laki ataupun perempuan.Penderita bulimia biasanya sering tergoda untuk makan banyak makanan yang berkalori tinggi. Mereka tidak bisa mengontrol konsumsi makanan mereka hingga para penderita bulimia tersebut merasakan sakit pada dirinya dikarenakan kekenyangan. Hal ini kemudian diikuti dengan rasa bersalah yang amat sangat dan usaha-usaha agar makanan yang mereka makan tidak menyebabkan naiknya berat badan.

Usaha-usaha yang dilakukan ini biasanya tidak sehat. Beberapa contoh dari usaha tersebut adalah berusaha memuntahkan apa yang telah dia makan, melakukan olah raga dengan porsi yang berlebihan, berpuasa terus menerus dan meminum obat pencahar. Usaha-usaha seperti ini, meskupun tidak sehat, sering kali dilakukan oleh para penderita bulimia.

Jika anda ingin mengetahui anda ataupun orang-orang anda merupakan penderita bulimia atau bukan, terdapat beberapa ciri fisik yang bisa anda perhatikan dari diri anda sendiri atau orang lain yang mungkin terkena bulimia. Ciri-ciri tersebut, seperti yang dilansir di laman helpguide.com, meliputi:

a.terdapat luka-luka pada buku jari karena digunakan untuk memicu makanan-makanan yang telah dikonsumsi untuk keluar lagi dari dalam perut dan dimuntahkan
b.pipi menjadi menggembung dikarenakan proses pemuntahan makanan yang berulang
c.gigi yang menjadi terlihat menghitam karena adanya tekanan dari asam lambung saat pemuntahan makanan
d.berat badan berada di kisaran angka normal atau sedikit di atas batas normal tersebut
e.berat badan cenderung tidak tetap, kadang naik dan kadang juga turun

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading