Sukses

Beauty

Binge Eating: Apa Penyebabnya?

Ladies, binge eating dapat terjadi pada setiap orang. Umumnya, mereka yang mengalami akan menjadi overweight atau bahkan obesitas, namun ada juga yang memiliki berat normal. Menurut helpguide.org, penyebab binge eating bisa melibatkan faktor biologis, sosial, dan psikologi.

Binge eating dapat terjadi karena gangguan biologis seseorang. Misalnya, tarjadi keabnormalan pada hipotalamus, bagian dari otak yang bertugas mengotrol nafsu makan, yang membuatnya tidak mengirimkan pesan yang benar ketika lapar atau kenyang. Selain itu, kekurangan kadar serotonin dalam otak juga terbukti bisa menyebabkan makan berlebihan.

Tekanan dari lingkungan sosial yang menuntut untuk memiliki tubuh kurus juga menjadi salah satu penyebab emotional eating (makan karena sedang dalam emosi tertentu), yang memicu berkembangnya binge eating. Orang tua yang membiasakan anaknya melampiaskan emosi dengan memberi mereka makanan, akan membuat anak tersebut beresiko mengalami binge eating saat dewasa. Juga, binge eating dapat disebabkan oleh seringnya anak-anak mendapat komentar negatif tentang berat badan tubuhnya, serta mereka yang mendapatkan kekerasan seksual pada masa kecilnya.

Dan salah satu faktor penyebab yang paling utama adalah keadaan psikologis. Depresi dan binge eating memiliki hubungan yang kuat. Banyak penderita binge eating yang menderita depresi, tidak dapat mengontrol emosi, atau tidak bisa menunjukkan emosinya. Emosi yang umumnya menjadi penyebab binge eating adalah tidak percaya diri, kesepian, sedih, stress, cemas, takut, marah, kecewa, dan bosan.

Nah, Ladies, itulah informasi singkat dari kami mengenai penyebab binge eating. Semoga bermanfaat!

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading