Sukses

Beauty

Terapi Penyakit Sesak Nafas, Tak Harus Pakai Obat

Ladies, menyembuhkan penyakit sesak nafas tak harus melulu dengan terapi obat kimia yang bagi tubuh sebagian orang yang tidak cukup kuat menahan kerasnya reaksi obat. Menurut shortofbreath.org, ada beberapa alternatif terapi yang bersifat fisik tanpa melibatkan obat-obatan kimia.

Di Amerika, salah satu terapi yang bisa digunakan untuk mengurangi sesak nafas adalah rehabilitasi pulmonari. Dalam rehabilitasi ini, pasien difasilitasi dengan perawat berpengalaman yang akan sangat membantu dalam proses penyembuhan.

Pada dasarnya, konsep penyembuhan metode seperti ini dalam memberi pelatihan pada organ-organ pernafasan pasien untuk menjalankan tugasnya dengan baik dengan melatih ulang otot-otot pernafasan dan “mengajarkan” pola bernafas yang baru.

Terapi selanjutnya adalah yoga. Meski lebih terkenal di Indonesia dibanding rehabilitasi di atas, secara medis yoga dapat membantu meringankan penderitaan beberapa pasien sesak nafas. Sayangnya, belum ada praktik standar yang dikhususkan untuk mengobati sesak nafas.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai terapi ini seandainya saja ada beberapa komponen gerakan yoga yang justru berbahaya bagi kesehatan Anda. Apabila tidak ada masalah, sanggar yoga bisa jadi tempat yang aman dan efektif bagi Anda sebagai klinik yang membantu meringankan sesak nafas.

Terakhir, yang paling murah, angin dingin sepoi-sepoi yang menerpa wajah ternyata secara medis terbukti membantu meringankan sesak nafas. Lebih efektif lagi bagi pasien yang menderita penyakit terminal. Selain minim risiko, sebaiknya Anda mulai mencobanya.

Oleh  : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading