Sukses

Beauty

Apakah Gambar Tubuh atau Body Image Itu? (II)

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan pengertian singkat mengenai gambar tubuh atau body image. Berikut ini ulasan mengenai definisi body image selanjutnya seperti dilangsir dari laman en.wikipedia.org.

Konsep mengenai body image ini sering kali membuat wanita khawatir Ladies. Salah satu faktor peningkatan kecemasan dan kekhawatiran perempuan mengenai body image seorang wanita adalah budaya seksualitas yang tersebar luas di berbagai macam media.

Seorang wanita secara konstan diberi tahu bahwa tubuh yang langsing akan meningkatkan kecantikan seseorang, dan diberi tahu bahwa tubuh yang gemuk akan berisiko terkena penyakit-penyakit berbahaya. Hal-hal ini dapat mengubah body image wanita tersebut.

Selain hal-hal di atas, masih ada hal lain Ladies yang dapat mempengaruhi body image seseorang, yaitu:

- dinamika keluarga;
- kecenderungan biologis (misalnya depresi dan cemas); dan
- ekspektasi kultural (misalnya politik dan media).

Body image memiliki dampak psikologikal dan dampak fisik Ladies. Menurut Dr. Aric Sugman, seorang ahli biologi dari Inggris, beberapa wanita apabila melihat wanita lain yang bertubuh lebih langsing atau lebih kurus dari dirinya, kandungan kimia di dalam otaknya akan mendorong wanita tersebut untuk membenci dirinya sendiri dan menganggap rendah dirinya sendiri.

Apabila seseorang memiliki body image yang rendah terhadap dirinya sendiri, dia akan melakukan berbagai macam cara untuk mengurangi berat badannya, entah dengan cara diet atau dengan cara operasi.

Nah, sekarang tanyakan pada diri Anda Ladies, bagaimanakah perasaan Anda terhadap bentuk tubuh Anda?


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading