Sukses

Beauty

Human Papilloma Virus ( HPV ) sebagai Penyebab Kanker Serviks

Ladies, kanker servik hingga kini masih menjadi momok yang menakutkan bagi Anda. Kanker servik memang merupakan penyakit yang menakutkan karena dapat membawa pada kematian. Tapi tahukah Anda penyebab kanker servik itu sendiri?

Ladies, di dunia, seorang wanita meninggal setiap dua menit akibat kanker serviks ini dan diperkirakan angka kematian mencapai 270.000 kematian setiap tahunya. Lebih dari 99% kasus kanker serviks terjadi karena telah terinfeksi oleh human papilloma virus (HPV).

HPV adalah sebuah virus. Virus ini bukanlah virus tunggal. Namun, virus yang berkelompok. Terdapat lebih dari 100 jenis virus HPV yang berbeda.

Ladies, HPV dapat menyebar selama hubungan seksual. Diperkirakan satu dari tiga wanita akan mengembangkan virus HPV setelah terinfeksi dalam dua tahun mulai berhubungan seks secara teratur. Serta, sekitar empat dari setiap lima perempuan mengembangkan virus ini dalam hidupnya.

Tidak semua virus HPV dapat menyebabkan kanker serviks. Beberapa jenis HPV tidak menimbulkan gejala-gejala yang berbahaya dan bisa diobati hanya dengan pengobatan. Meskipun virus jenis ini tidak memiliki resiko yang tinggi menyebabkan kanker serviks. Namun, diperlukan penanganan lebih lanjut dalam pengobatanya.

Ladies, dalam penelitian ditemukan sekitar 15 jenis HPV yang dianggap beresiko tinggi menimbulkan kanker serviks. Dua jenis diantaranya memiliki resiko tertinggi yaitu HPV 16 dan HPV 18 yang menyebabkan sekitar 7 orang dari 10 orang penderita kanker serviks. Dilangsir dari nhs.uk.

Ladies, bisa menggunakan screening dalam mengetahui, apakah virus ini ada dalam tubuh Anda.

Oleh : M. S. Rizal

(vem/ver)
What's On Fimela
Loading