Sukses

Beauty

Menurut Dermatologis, Ini Cara Efektif Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor yang membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Umumnya banyak orang akan mengatasi masalah ini dengan minum air putih setiap jam dan mengoleskan produk perawatan bibir agar tetap lembap sesering mungkin, tetapi bibir tetap saja kering bahkan pecah-pecah. Hal ini akan sangat mengganggu penampilan kamu. "Salah satu alasan bibir sangat rentan terhadap kekeringan adalah karena sangat tipis," jelas Mona Gohara, seorang profesor klinis dermatologi di Yale University . "Bibir adalah kulit tertipis di tubuh kita, mereka tidak memiliki lapisan pelindung."

Tidak dipungkiri bahwa saat cuaca dingin dan kering, kulit tipis pada bibir cenderung mengering lebih cepat daripada bagian kulit yang lain. Lebih memperburuk keadaan, jika kamu secara refleks menjilat bibir dalam upaya menambah kelembapannya kembali. Air liur dapat menguap dan dapat membuat bibir semakin kering. Bahan-bahan seperti mentol, vitamin A, dan wewangian yang ditambahkan juga bisa membuat bibir yang halus menjadi kering.

Meskipun tidak ada cara instan untuk menyembuhkan bibir yang kering dan pecah-pecah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat bibir kamu lembut dan kenyal sesegera mungkin, melansir dari goodhousekeeping.com. 

Yang bisa dilakukan untuk atasi bibir pecah-pecah

1. Tetap terhidrasi

Kulit dan bibir yang sehat membutuhkan banyak air. Stefani Sassos, MS, RD, CDN, seorang ahli diet mengatakan diet yang baik mencakup setidaknya enam hinhgga delapan cangkir air setiap hari, tergantung pada seberapa padat aktivitas kamu.

2. Jangan menjilat bibir atau memetik kulit yang kering

"Jika kamu memiliki bibir kering, lakukan apa saja kecuali menjilat dan mengambilnya," kata Dr. Gohara. Jika kamu melakukannya, ini akan berisiko memperburuk situasi dan menyebabkan Dermatitis Lip Licker, yaitu kondisi kulit yang dimulai dengan kemerahan dan iritasi pada bibir, tetapi kemudian dapat berubah menjadi cincin yang menyakitkan dan tidak enak dilihat di seluruh bagian mulut kamu.

3. Pilih produk dengan bahan bergizi

Carilah kondisioner bibir dan kulit seperti emolien untuk mengisi celah-celah dan melembabkan kulit yang kering dan penutup untuk menutup kelembapan, seperti petroleum jelly misalnya. Cari lip balm yang dibuat dengan minyak alami dan asam hialuronat, yang merupakan penyerap air alami, yang membuat hidrasi masuk dengan baik ke kulit kamu.

Yang bisa dilakukan untuk atasi bibir pecah-pecah

4. Pilih formula perawatan bibir dengan SPF bawaan

Jika kamu menggunakan lip balm dan lipstik, cari produk yang menggunakan tabir surya, terutama jika kulit sering meradang atau jika kamu memiliki aktivitas yang mendapatkan lebih banyak paparan sinar matahari dari biasanya. Ingatlah untuk menggunakan formula SPF setiap hari. Bibir bisa dengan mudah terbakar oleh panas matahari.

5. Gunakan scrub bibir seminggu sekali

Pengelupasan dapat membantu menghilangkan beberapa kulit kering yang mengelupas yang membuatnya dengan mudah untuk mengaplikasikan lipstik dengan lancar. Kemudian, lanjutkan perawatan bibir dengan lip balm atau masker bibir.

6. Mencegah bibir pecah-pecah sejak awal

Setelah kamu menyembuhkan bibir yang pecah-pecah, Dr. Erum Ilyas mengatakan pencegahan adalah kunci utama untuk menjaga bibir tetap sehat. Dia merekomendasikan beberapa tips berikut ini,

Ikuti rutinitas dengan menggunakan masker bibir setiap sebelum tidur dapat membantu memperbaiki bibir semalaman. Ini sangat penting bagi orang yang tidur dengan mulut terbuka karena mereka jauh lebih rentan terhadap bibir pecah-pecah.

Menjaga agar lipstik dan pasta gigi kamu terlepas dari kandungan yang merusak bibir. "Jika Anda memiliki bibir yang pecah-pecah kering dan beberapa bagian yang mengelupas atau kasar di dalam mulut, pertimbangkan untuk mengubah pasta gigi atau obat kumur menjadi yang bebas dari sodium laureth sulfate," kata Dr. Ilyas. Ia juga merekomendasikan untuk menghindari lipstik tahan lama karena ini sering bekerja dengan mengeringkan bibir untuk mempertahankan warnanya lebih lama.

Pertimbangkan suplemen atau perubahan menu diet. Kekurangan nutrisi pada vitamin B2, B12, dan B6 dapat menjadi bagian dari masalah kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, kata Dr. Ilyas.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading