Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Sunburn dengan Minyak Esensial

Fimela.com, Jakarta Sunburn bisa terjadi pada siapapun yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Selain tidak nyaman, sunburn bisa menyebabkan kulit terasa perih dan gatal.

Mungkin kamu pernah membaca beberapa artikel yang merekomendasikan minyak esensial untuk mengatasi sunburn, pernah mencobanya? Minyak esensial adalah zat yang diekstrak dari berbagai bagian tanaman, seperti bunga dan daun.

Minyak esensial juga sering digunakan dalam aromaterapi, namun tidak jarang digunakan untuk kecantikan, seperti menumbuhkan rambut dan mengobati jerawat. Banyaknya kandungan nutrisi yang bisa ditemukan di dalamnya, minyak esensial juga ternyata dapat mengatasi sunburn, seperti dilansir dari byrdie.com.

 

 

Tips mengatasi sunburn dengan minyak esensial

Sayangnya, sebagian besar minyak esensial mengandung pewangi dan sifat lain yang justru dapat mengiritasi luka bakar atau memperburuk kondisi kulit lainnya, seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis kontak. Beberapa penelitian pernah menemukan bahwa penggunaan minyak esensial untuk mengatasi sunburn memiliki beberapa manfaat, seperti meredakan nyeri, menenangkan kulit, serta beberapa di antaranya memiliki sifat anti virus atau anti jamur.

Para pakar sepakat bahwa siapapun yang memiliki kulit sensitif harus menghindari penggunaan minyak esensial. Termasuk yang memiliki kulit lecet, luka terbuka, atau lecet, karena dapat menyebabkan reaksi iritasi.

Minyak esensial tidak boleh diaplikasikan langsung ke kulit yang terkena sunburn. Minyak esensial harus diencerkan terlebih dahulu dengan minyak lainnya, seperti minyak kelapa atau gel lidah buaya.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading