Sukses

Beauty

Jelang Halloween, 5 Tips Menggunakan Face Painting agar Wajah Tidak Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Menjelang hari Halloween yang dirayakan pada tanggal 31 Oktober, banyak sekali ide dan inspirasi makeup yang bertebaran di media sosial. Tak hanya itu, banyak juga kompetisi makeup Halloween yang diadakan oleh beauty vlogger di instagram mulai dari awal bulan Oktober.

Sebenarnya hari Halloween adalah perayaan musim panen yang dirayakan dibeberapa negara. Namun karena hari musim panen ini berdekatan dengan hari Raya Arwah, sehingga hari Halloween selalu identik dengan perayaan pesta kostum hantu, yang menggunakan berbagai macam riasan menyerupai hantu atau monster.

Untuk memeriahkan hari Halloween, tentu saja Sahabat Fimela harus menggunakan face painting untuk melukis wajah. Namun sering kali face painting bisa membuat wajah menjadi mudah berjerawat. Kalau kamu ingin menggunakan face painting tapi takut berjerawat, yuk intip 5 tips menggunakan face painting agar wajah tidak berjerawat, yang dilansir dari berbgaai sumber:

Menggunakan Skincare

Tips pertama menggunakan face painting untuk makeup Halloween agar wajah tidak berjerawat, yaitu dengan menggunakan skincare sebelum mengaplikasikan face painting di area wajah. Skincare ini berfungsi untuk melindungi kulit wajah agar tidak terkontaminasi dengan kandungan yang terdapat dalam face painting.

Skincare yang tepat digunakan sebelum mengaplikasikan face painting, yaitu skincare yang memiliki kandungan hyaluronic acid, yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan melembapkan kulit. Hindari penggunaan bahan aktif yang bisa mengeksfoliasi kulit, agar kulit tidak kering dan mengelupas saat menggunakan face painting.

Menggunakan Complexion

Setelah mengaplikasikan skincare agar kulit menjadi lebih lembap dan terhidrasi, lanjutkan dengan penggunakan complexion seperti foundation, contour dan bedak sebelum mengaplikasikan face painting.

Penggunaan complexion sebelum menggunakan face painting ini, berfungsi untuk mencegah face painting menempel langsung pada kulit, membuat face painting lebih terlihat warnanya dan membantu kulit terhindar dari jerawat.

Gunakan warna complexion yang 1 tingkat lebih cerah dari kulit wajah. Untuk hasil face painting yang lebih bagus dan tidak berminyak, gunakan complexion yang memiliki hasil akhir matte, lalu semprotkan setting spray di atas complexion dan aplikasikan face painting.

Memilih Bahan Face Painting

Agar wajah tidak berjerawat setelah menggunakan face painting, Sahabat Fimela harus memilih face painting dengan benar. Face painting memiliki 2 jenis yang berbeda yaitu oil based yang berbahan dasar minyak dan mudah untuk diaplikasikan, dan face painting yang water based, yang penggunaannya harus di campurkan dengan air terlebih dahulu.

Namun yang harus diperhatikan saat membeli face painting adalah kandungan yang terdapat di dalam face painting. Gunakan face painting yang tidak mengandung paraben dan tidak mengandung merkuri. Sahabat Fimela bisa menggunakan face painting yang memiliki kandungan yang bersifat non comedogenic untuk menghindari kulit berjerawat. Setelah mengaplikasikan face painting ke wajah, gunakan bedak tabur untuk mengunci riasanmu agar tidak mudah luntur.

Hindari juga face painting yang sudah lama tidak digunakan, yang kedaluarsa dan terbuka terlalu lama. Karena face painting tersebut bisa ditumbuhi bakteri serta kuman yang menyebabkan jerawat.

Gunakan Kuas yang Tepat

Pada saat mengaplikasikan face painting ke wajah, gunakanlah kuas yang tepat agar gambaranmu terlihat lebih detail. Usahakan jangan menggunakan tangan pada saat mengaplikasikan face painting ke wajah, karena selain membuat gambaranmu kurang detail, tangan bisa bisa menyalurkan kuman atau bakteri dari tangan ke wajah.

Tetapi setelah menggunakan kuas, usahakan kuas langsung dicuci hingga bersih menggunakan sabun dan antispetik, untuk membunuh kuman serta bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Melakukan Double Cleansing

Setelah menggunakan face painting, gunakanlah double cleansing saat membersihkan wajah, agar kulit wajah terhindar dari jerawat.

Saat menghapus face painting, gunakanlah cleansing oil atau cleansing balm untuk melunturkan cat, setelah itu gunakan micellar water untuk mengangkat sisa riasan, kemudian cucilah wajah dengan facial wash. Setelah wajah bersih, gunakan lanjutkan ke tahapan skincare untuk mencegah kulit berjerawat.

What's On Fimela
Loading