Sukses

Beauty

Viral di Tiktok Menghilangkan Jerawat dengan Kentang, Efektifkah?

Fimela.com, Jakarta Menghilangkan jerawat menggunakan kentang tengah viral di Tiktok. Caranya dengan menempelkan kentang pada jerawat yang timbul di wajah.

Namun apakah cara ini berhasil? Melansir Byrdie, kentang sendiri memang kaya akan vitamin dan nutrisi, beberapa di antaranya dapat bermanfaat bagi kulit. 

Menurut Gretchen Frieling, MD, ahli dermatopatologi bersertifikat yang berbasis di Boston, ada beberapa manfaat kentang bagi kulit.  Pertama, ada fakta bahwa pati menenangkan peradangan dan menyerap minyak. Kedua, kentang kaya akan vitamin C yang membantu meminimalkan risiko munculnya bintik hitam saat jerawat teratasi.

“Kentang mengandung enzim yang disebut katekolase, yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam,” paparnya. 

Freiling mencatat sebuah studi tahun 2013 pada tikus yang menemukan bahwa ekstrak kulit kentang memiliki efek anti-inflamasi yang potensial, yang memberikan manfaat.

Sayanganya, sementara beberapa penelitian yang ada, itu tidak cukup untuk menjamin membuang krim dan gel jerawat topikal dan menggantikannya dengan kentang. 

“Penting untuk diingat bahwa hasil yang dilihat pengguna TikTok bersifat anekdot,  artinya berdasarkan hasil individu dan bukan bukti klinis,” kata Frieling.

Cara Menggunakan Kentang dalam Perawatan Kulit

Meskipun TikTokers mengenakan potongan kentang ditempel di wajah mereka sebelum tidur, Frieling tidak merekomendasikan cara ini untuk mencoba ini di rumah apalagi jika memiliki jerawat yang cukup parah.

Namun, jika penasaran ingin mencoba sahabat Fimela harus mencuci kentang sebelum dikupas.  

“Ini penting, karena kentang dicuci setelah dikupas akan menghilangkan khasiatnya yang bermanfaat,” Frieling memperingatkan.

Lalu, kupas kulitnya seluruhnya, tanpa menyeka atau membilas kentang. Potong kentang menjadi irisan bundar setebal setengah inci.  Siapkan kulit dengan membersihkannya seperti biasa, dan uji tempel kentang di bagian dalam lengan bawahmu. Jika tidak ada reaksi alergi atau iritasi, baru bisa mencobanya di wajah.

Setelah kentang disimpan di wajah, usapkan dengan gerakan memutar ke seluruh wajah. Biarkan selama 10 menit. “Jika merasa perih atau gatal, segera bersihkan, ”katanya.

Untuk jerawat sesekali, Frieling menyebut kentang sebagai perawatan DIY yang bisa dicoba, meskipun bukan solusi jerawat jangka panjang.

Juga penting untuk dicatat, satu penelitian melaporkan hubungan antara sensitivitas kentang dan alergi lateks, berkat protein yang disebut patatin,

“Patatin adalah penyebab utama alergi kentang.  Jadi, jika memiliki alergi terhadap lateks, jangan gunakan kentang mentah pada kulit. Juga selalu disarankan untuk melakukan uji tempel sebelum menerapkan sesuatu yang baru ke wajah,” tuturnya.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading