Sukses

Beauty

Cara Membuat Toner dan Masker dari Saffron untuk Kecantikan, Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Saffron adalah rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau obat tradisional. Saffron berasal dari bunga Crocus Sativus. Bunga ini diperkaya dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan.

Saffron dijual dengan harga yang lumayan mahal. Bahkan saffron terkenal sebagai rempah-rempah termahal di dunia. Karena harga jual saffron mencapai Rp 500ribu per gramnya.

Walaupun harganya lumayan mahal, tetapi baru-baru ini saffron menjadi kandungan dari produk skincare. Skincare dari bahan saffron dipercaya dapat menunda penuaan dini pada kulit. Berikut cara membuat toner dan masker dari saffron. Cari tahu juga manfaat saffron untuk kecantikan:

Manfaat Saffron untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat saffron yang pertama yaitu untuk mencerahkan kulit wajah. Karena saffron memiliki kandungan senyawa crocin dan vitamin C, yang bersifat sebagai antioksidan. Sehingga membuat wajah yang kusam menjadi terlihat lebih cerah dan bercahaya.

2. Menghilangkan Jerawat

Saffron diperkaya dengan kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Kandungan ini membantu mengeringkan jerawat dengan cepat, mencegah tumbuhnya jerawat baru dan mengurangi peradangan jerawat. Bahkan sering menggunakan saffron untuk wajah, bisa mencegah bruntusan dan menghilangkan bekas jerawat.

3. Melembutkan Kulit

Kulit yang kering biasanya memiliki tekstur yang sangat kasar dan pecah-pecah. Saffron bisa digunakan untuk menghidrasi kulit wajah yang kering, agar tekstur kulit menjadi lebih lembut, halus dan membantu mengunci cairan di dalam lapisan kulit wajah.

4. Menyamarkan Mata Panda

Seiring bertambahnya usia dan sering melakukan pola hidup yang kurang sehat, bisa membuat kantong mata menjadi lebih menggelap. Hal ini disebabkan karena sirkulasi darah di area mata tidak lancar, yang membuat kantong mata menjadi lebih besar dan gelap. Kandungan yang ada di dalam saffron, bisa membantu melancarkan peredaran darah di area mata dan membuat kantong mata terlihat lebih cerah.

5. Menghilangkan Komedo

Manfaat saffron yang terakhir adalah untuk membantu menghilangkan komedo. Secara umum, komedo di wajah disebabkan karena pori-pori tersumbat kotoran, minyak berlebih dan sel kulit mati. Saffron bisa dijadikan sebagai eksfoliator yang membantu membersihkan pori-pori tersumbat dan meregenerasi kulit.

Cara Membuat Toner Saffron

Saffron dapat dijadikan sebagai toner wajah, yang mudah dibuat di rumah. Kamu hanya memerlukan bahan seperti bunga saffron, air dan air perasan mentimun. Berikut cara membuatnya:

  1. Siapkan bunga saffron yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan air hingga warna air berubah menjadi kuning keemasan. Setelah itu, biarkan hingga air dingin.
  2. Kemudian siapkan air mentimun, lalu campurkan dengan air saffron yang sudah tidak panas.
  3. Jika sudah tercampur rata, tuang air tersebut ke dalam botol spray, dan bisa langsung untuk digunakan atau simpan di dalam kulkas.

 

Cara Membuat Masker Saffron

Selain digunakan sebagai toner wajah, saffron juga bisa diolah menjadi masker wajah, yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah. Berikut cara membuat masker saffron:

  1. Rendam 4 helai saffron ke dalam 1/4 gelas susu cair putih.
  2. Kemudian diamkan saffron dalam rendaman susu selama 2 jam.
  3. Setelah itu aplikasikan ke seluruh wajah dan leher. Tunggu selama 15 menit dan bilas hingga bersih.
  4. Ulangi pemakaian minimal 4kali seminggu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading