Sukses

Beauty

Mengenal Perbedaan Hair Fall dan Hair Loss, Masalah Rambut Rontok yang Paling Umum

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah masalah yang paling umum terjadi, terutama pada kaum perempuan urban. Ini dibuktikan dari data riset desktop yang menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2019, pencarian kata kunci 'Shampoo Penumbuh Rambut' di Google meningkat hingga 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya.

Masalah rambut rontok juga 4 kali lebih populer dibandingkan masalah rambut rusak yang diakibatkan oleh pewarnaan dan 50% pencarian kategori beauty teratas di Google dan YouTube berfokus pada kata kunci 'hair fall' dan 'hair growth.' Namun, tahukah kamu bahwa ada perbedaan antara masalah rambut hair fall dan hair loss?

Menurut Senior Education Manager Kerastase Indonesia Sitoresmi, perbedaan paling sederhana yang dapat langsung terlihat adalah dengan mengamati bagaimana kerontokan terjadi. Jika helai rambut lepas pada saat proses keramas, ketika disisir, atau dikeringkan dengan handuk, maka itu termasuk hair fall.

Sedangkan hair loss terjadi apabila helai rambut banyak ditemukan lepas di bantal ketika bangun tidur. Kerastase mencatat bahwa ada banyak faktor internal dan eksternal yang dapat mempercepat kerontokan rambut.

Hair fall adalah manifestasi dari pikiran dan lingkungan sekitar. Hal-hal seperti stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut.

Selain itu, lingkungan dengan udara panas, berpolusi tinggi, dan kebiasaan menata rambut dengan alat hair styling juga merupakan faktor eksternal. Sedangkan masalah rambut rontok hair loss adalah hasil dari pengerasan kolagen yang terjadi pada lapisan kulit kepala.

 

Cara mengatasi rambut rontok

Ada beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk mengurangi jumlah rambut rontok, menurut Sitoresmi. Penasaran?

1. Mengatur pola makan

Konsumsi makanan sehat, kaya nutrisi, dan bergizi seimbang untuk mendapatkan akar rambut yang kuat, serta mencegah kerontokan rambut di luar siklus normalnya. Makanan, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau penting untuk dimasukkan ke dalam agenda santapan sehari-hari. Untuk pertumbuhan rambut, pertimbangkan mengonsumsi multivitamin, seperti biotin, vitamin D, A, dan B, serta beta karoten.

2. Menghindari stres

Stres dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Usahakan untuk melakukan olahraga teratur, meditasi, yoga, dan perawatan ke salon secara rutin.

3. Merawat kulit kepala dan batang rambut

Menggunakan produk yang tepat secara rutin, baik di salon, maupun di rumah dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Kerastase juga baru saja merilis rangkaian perawatan rambut yang didesain secara khusus untuk merawat rambut rontok, yaitu Genesis. Rangkaian produk ini merupakan hasil riset dan pengembangan teknologi yang dilakukan oleh L'Oreal Advanced Research dan ditujukan untuk perawatan rambut rontok dengan kemampuan menguranginya hingga 84%.

Rangkaian lengkap Kerastase Genesis bisa kamu dapatkan di semua salon mitra Kerastase di Indonesia, maupun di official store Kerastase di LazMall. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading