Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Organik

Fimela.com, Jakarta Bekas jerawat adalah noda di wajah yang membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Jika bekas jerawat tidak dirawat dengan benar, maka akan mengganggu penampilan. Karena bekas jerawat membuat warna kulit menjadi tidak rata.

Bekas jerawat disebabkan karena reaksi peradangan jerawat, yang menyebabkan pembuluh darah di area wajah menjadi melebar dan kemerahan. Kemudian bekas jerawat akan menggelap dan susah dihilangkan. Karena produksi melanin di kulit wajah yang dipicu oleh peradangan jerawat.

Bekas jerawat ini dapat dihilangan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan masker organik yang terbuat dari bahan alami dan harganya terjangkau. Berikut cara membuat masker organik penghilang bekas jerawat:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Lemon

Lemon adalah bahan organik atau bahan alami, yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Karena lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan, yang bisa meratakan warna kulit dan mengecilkan pori-pori di wajah. Walaupun lemon adalah buah yang bisa digunakan untuk membuat masker organik, tetapi jangan gunakan masker lemon pada saat wajah sedang meradang.

Lemon memiliki kandungan asam sitrat akan membuat kulit menjadi iritasi dan terasa panas. Cara membuat masker organik dari lemon, yaitu dengan mencampur setengah perasan air lemon dengan 1 sendok makan madu. Setelah itu aplikasikan ke wajah selama 15 menit. Kemudian angkat masker dengan air hangat, dilanjutkan dengan membilas dengan air dingin.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sering dijadikan sebagai bahan masker organik, yang berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, menyembuhkan kulit iritasi dan mempercepat penyembuhan jerawat. Karena di dalam gel lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, antibakteri dan asam salisilat, yang diperlukan untuk menutrisi kulit wajah yang berjerawat.

Cara membuat masker organik dari lidah buaya, yaitu dengan mencampur gel lidah buaya dengan beberapa tetes air mawar. Lalu oleskan ke seluruh wajah dan pijat selama 3 menit dengan gerakan memutar. Biarkan mengering selama 15menit dan bilas sampai bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Pepaya

Selain memiliki rasa enak untuk dikonsumsi, ternyata pepaya juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker organik, yang memiliki fungsi untuk menghilangkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit. Pepaya memiliki enzim yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit wajah. Di dalam buah pepaya juga mengandung antioksidan berupa likopen, yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit wajah.

Caranya hanya dengan menghaluskan kurang lebih seperempat pepaya, yang dicampurkan dengan 2 sendok teh hijau. Lalu aplikasikan pepaya di area kulit wajah yang memiliki bekas jerawat, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang dikenal sebagai tanaman herbal, yang bisa membantu mencegah peradangan di dalam tubuh, serta membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Karena di dalam kunyit terdapat kandungan kurkumin, yang memiliki sifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan ini memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, menyembuhkan jerawat meradang dan mengatasi tanda penuaan dini.

Cara membuatnya dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk kunyit, satu sendok makan madu dan satu sendok teh air lemon. Aplikasikan masker organik ke seleruh wajah dan biarkan selama 12menit. Kemudian bilas dengan air hangat yang dilanjut dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

5. Tomat

Masker organik yang terakhir adalah masker yang terbuat dari tomat. Tomat berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, serta mengatasi peradangan kulit akibat jerawat. Tomat diperkaya dengan kandungan vitamin A dan vitamin C, yang bersifat sebagai antioksidan. Menggunakan masker tomat juga bisa membantu mencegah tanda penuaan dini.

Cara membuat masker organik dari tomat, yaitu dengan menghaluskan satu buah tomat dengan satu sendok makan madu. Lalu aplikasikan di wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Kemudian bilas masker hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading