Sukses

Beauty

3 Cara Percaya Diri Saat Kulit Sedang Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang muncul saat usia remaja hingga dewasa. Masalah kulit ini disebabkan karena perubahan hormon yang tak menentu, pola hidup yang kurang sehat atau kurang tepatnya penggunaan skincare di wajah. Sering kali munculnya jerawat ini membuat tingkat kepercayaan diri seseorang menurun.

Wajah yang berjerawat terlihat lebih memerah, menjadi kusam, tekstur kulit tidak rata dan terlihat berminyak. Sebagian orang berusaha menutupi jerawat dengan makeup yang tebal, agar lebih percaya diri dengan kondisi wajah. Padahal hal tersebut justru membuat jerawat menjadi semakin parah.

Menggunakan skincare yang tepat adalah cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat. Tetapi untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri menghadapi jerawat, yuk simak dan ikuti cara percaya diri saat berjerawat ala Fimela:

Cara Percaya Diri dengan Mencintai Diri Sendiri

Saat kulit sedang berjerawat, sering kali kita menyalahkan kondisi kulit yang berjerawat. Padahal tanpa disadari, hal ini bisa membuat jerawat semakin parah. Cara percaya diri untuk menghadapi jerawat yang utama, yaitu memiliki pikiran yang positif.

Walaupun terkesan susah, tetapi bersyukur atas kondisi kulit yang sedang dialami bisa membuat pikiran dan hati terasa lebih tenang. Kamu juga harus yakin dengan diri sendiri, kalau jerawat ini akan kamu rawat dengan benar agar cepat sembuh. Sering-seringlah menatap cermin dan bicara dengan diri sendiri.

Katakan pada dirimu sendiri, kalau kamu mencintai seluruh kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam dirimu. Jangan pernah menyalahkan kekurangan yang ada pada dirimu. Karena semakin menyalahkan kekurangan pada diri sendiri, akan membuat perasaan jadi lebih emosi dan menyebabkan jerawat semakin parah. Usahakan untuk tidak mendengarkan omongan negatif orang lain, yang tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

Cara Menutupi Jerawat Agar Percaya Diri

Makeup adalah salah satu cara untuk membantu menutupi jerawat. Tetapi tidak boleh sembarang makeup yang digunakan untuk menutupi jerawat. Apalagi menggunakan makeup yang tebal, sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat jerawat semakin parah.

Untuk menutupi jerawat di wajah, kamu bisa menggunakan bedak tabur yang formulanya khusus untuk jerawat. Pilihlah bedak yang mengandung salicylic acid dengan klaim hypoallergenic dan non comedogenic. Formula dalam bedak tabur tersebut, bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah dan mengeringan jerawat.

Selain itu, agar wajah tidak terlihat pucat, kamu bisa menggunakan lipstik yang glossy. Gunakan lipstik dengan warna yang sesuai dengan warna kulitmu. Jangan lupa gunakan riasan di area mata agar lebih percaya diri.

Cara Menyembuhkan Jerawat

1. Double Cleansing

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, jerawat harus dirawat dengan produk perawatan kulit yang tepat. Cara yang pertama adalah rajin mencuci wajah dengan teknik double cleansing. Pertama, gunakan micellar water untuk mengangkat makeup dan kotoran di wajah, setelah beraktivitas seharian. Kedua, bersihkan wajah dengan facial foam untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat minyak.

2. Toner

Cara yang selanjutnya menggunakan toner yang bersifat sebagai eksfoliator, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Toner eksfoliator ini hanya boleh digunakan seminggu 3 kali saja. Selingi dengan hydrating toner yang bisa melembapkan dan menenangkan iritasi kulit.

3. Serum

Kemudian gunakan serum yang khusus untuk jerawat, yang memiliki kandungan niacinamide, tea tree, retinol dan lain sebagainya. Serum memiliki konsentrasi yang tinggi dan baik untuk kulit. Sehingga mudah meresap di kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat.

4. Pelembap

Kulit berjerawat adalah kulit yang cenderung berminyak. Tetapi jenis kulit ini juga memerlukan pelembap, untuk membantu mengontrol produksi minyak, membuat kulit tetap lembap dan mencerahkan bekas jerawat. Jangan pernah melupakan penggunaan pelembap di pagi dan malam hari.

5. Sunscreen

Skincare yang terakhir digunakan adalah sunscreen. Produk ini digunakan pada pagi dan siang hari, untuk melindungi kulit berjerawat dari paparan sinar matahari. Sunscreen juga membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading