Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Bibir Luka Karena Kering Akibat Puasa

Fimela.com, Jakarta Saat puasa, asupan cairan tubuh memang berkurang. Oleh sebab itu, seringkali kita merasakan bibir yang menjadi kering hingga luka. Di saat bibir luka, rasa tak nyaman pasti dialami. Bahkan biasanya, sering menimbulkan pendarahan. Bibir  kering dan terluka harus diatasi dengan segera agar tidak terinfeksi dan menimbulkan efek yang tak diinginkan lainnya.

Area bibir yang memiliki banyak pembuluh darah sering menyebabkan sulitnya darah berhenti ketika luka terjadi di area bibir. Berikut lima langkah untuk mengatasinya yang perlu kamu lakukan saat bibir terluka. 

1. Segera bersihkan

Kamu dapat membilas bibir berdarah dengan air dingin. Periksa apakah ada bagian yang terpotong dan berapa dalam lukanya, ataukah kamu hanya mengalami memar. Biasanya, kamu tidak perlu mencuci area tersebut dengan sabun, terutama jika cedera terjadi di bibir bagian dalam.

2. Beri tekanan dengan kain bersih

Selanjutnya, ambil kain bersih. Berikan tekanan menggunakan kain bersih selama beberapa menit untuk menghentikan perdarahan. 

3. Bersihkan dengan sabun

Jika luka berada pada bibir maupun area di luar mulut, bersihkan menggunakan sabun dan air setelah perdarahan berhenti. Jangan gosok sayatan maupun luka. Bersihkan luka dari kotoran yang mengenainya dan biarkan luka dialiri air mengalir selama beberapa menit. 

Jika luka berada di dalam mulut, jangan gunakan sabun. Kumur-kumur dan bersihkan hingga bersih menggunakan air dingin selama beberapa menit.

 

4. Hentikan pendarahan dengan es batu

Menggunakan es batu membantu kamu untuk mengurangi peradangan dan meminimalkan ketidaknyamanan. Kamu bisa menempelkan es batu selama sekitar 10 menit di tempat yang terluka.

5. Oleskan pelembap

Bibir yang kering dan pecah-pecah rentan robek dan memperlambat penyembuhan. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengoleskan krim pelembap untuk menjaganya tetap lembap. Saat mengoleskannya, pastikan tangan selalu bersih. Selain itu, perhatikan luka setiap harinya dan jaga agar tetap bersih dan kering. Jangan meniup area yang terluka karena dapat memicu pertumbuhan bakteri. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 15 ke atas pada sayatan maupun luka yang telah sembuh untuk mencegah terbentuknya bekas luka.

 

 

 

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 4 AGUSTUS 2021
Loading