Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Toner Merek Lokal untuk Wajah Beruntusan

Fimela.com, Jakarta Beruntusan di wajah adalah masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Beruntusan biasanya muncul di area dahi, dagu, leher, punggung hingga dada.

Beruntusan termasuk jenis jerawat pasir, yang muncul dalam jumlah banyak di satu area. Beruntusan ini bisa menyebabkan kulit terasa gatal, tekstur kulit lebih kasar, kulit wajah menjadi merah dan bekasnya susah untuk dihilangkan.

Agar tidak mengganggu penampilan, beruntusan bisa dihilangkan dengan beberapa produk skincare, seperti toner wajah yang mengandung bahan aktif. Berikut rekomendasi toner merek lokal untuk wajah beruntusan, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Beruntusan

Ada banyak jenis jerawat yang bisa muncul di wajah. Salah satu jenis jerawat yaitu jerawat pasir atau yang sering disebut dengan beruntusan. Jenis jerawat yang satu ini, muncul dengan jumlah yang banyak di satu area wajah tetapi bentuknya kecil-kecil.

Beruntusan disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh sel kulit mati, produksi minyak yang berlebih, serta kotoran atau sisa make up yang terjebak di dalam pori-pori. Penyumbatan pori-pori itu akan terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat, kemudian muncul banyak komedo di wajah dan jerawat pasir atau beruntusan.

Pola hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan munculnya beruntusan di wajah, seperti jarang membersihkan wajah, mengonsumsi makanan yang berlemak atau berminyak, sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, jarang mencuci rambut dan lain sebagainya.

 

Kandungan Bahan Aktif yang Bisa Mengatasi Beruntusan

Untuk mengatasi kulit yang beruntusan, kamu bisa menggunakan toner yang mengandung bahan aktif, yang memiliki fungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan dan mengontrol minyak berlebih. Berikut kandungan bahan aktif yang bisa mengatasi beruntusan:

Benzoyl Peroxide

Kandungan bahan aktif yang pertama adalah benzoyl peroxide. Kandungan ini sering digunakan untuk membunuh bakteri jerawat, mengeringkan jerawat yang meradang dan bisa mengontrol produksi minyak berlebih.

Salicylic Acid

Kandungan salicylic acid juga bisa membantu mengurangi beruntusan di wajah. Karena salicylic acid berfungsi untuk mengontrol produksi minyak, mengurangi kemerahan akibat peradangan jerawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

AHA dan BHA

Kandungan yang terakhir adalah alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA), yang merupakan kandungan asam hidroksi yang bersifat sebagai eksfoliator. Kandungan ini bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, memperbarui sel kulit mati dan menghilangkan komedo serta beruntusan.

Rekomendasi Toner

1. Sensatia Botanicals Chamomile Tea Facial Toner

Rekomendasi toner yang pertama adalah Sensatia Botanicals Chamomile Tea Facial Toner, yang memiliki kandungan bahan alami dari chamomile tea, ekstrak lidah buaya dan madu, yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, mengontrol minyak, menghidrasi kulit dan menghilangkan bruntusan. Harga produk ini sekitar Rp 180ribuan.

2. Mineral Botanica Acne Care Toner

Toner lokal yang selanjutnya adalah Mineral Botanica Acne Care Toner, yang bisa membantu mengatasi beruntusan di wajah. Toner ini diperkaya dengan kandungan salicylic acid, triclosan dan witch hazel extract, yang dijual dengan harga sekitar Rp 20ribuan.

3. Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Rekomendasi toner lokal yang selanjutnya adalah Wardah Acnederm Pore Refining Toner. Toner ini bisa membersihkan pori-pori yang terdalam, karena memiliki kandungan zinc gluconate, aloe vera extract dan witch hazel extract. Selain membersihkan pori-pori dan menghilangkan beruntusan, toner ini juga bisa melembapkan sekaligus mengontrol minyak. Harga dari produk ini sekitar Rp 25ribuan.

4. ElsheSkin Acne Refresh Toner

ElsheSkin Acne Refresh Toner adalah toner lokal yang bisa menghilangkan beruntusan. Dengan kandungan salicylic acid dan sulfur, maka minyak di wajah akan lebih terkontrol dan jerawat cepat hilang. Harga dari produk ini sekitar Rp 50ribuan.

5. Emina Ms. Pimple Face Toner

Rekomendasi toner lokal yang terakhir yaitu Emina Ms. Pimple Face Toner. Toner ini aman digunakan untuk usia remaja hingga dewasa. Kandungan witch hazel leaf extract dan AHA dalam toner ini, bisa mengatasi beruntusan dan mengurangi kemerahan di wajah. Toner ini dijual dengan harga sekitar Rp 25ribuan.

PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi yang Perlu Diperhatikan demi Keamanan Persalinan
Artikel Selanjutnya
Cara Membersihkan Telinga Bayi dengan Benar, Aman, dan Mudah