Sukses

Beauty

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari oleh Pemilik Tipe Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Miliki tipe kulit sensitif memang selalu punya tantangan tersendiri. Terutama dalam memilih produk skincare yang cocok untuk tipe kulit yang satu ini.

Sebab, salah memilih kandungan skincare bisa menyebabkan kulit sensitif semakin iritasi, kemerahan, hingga timbul jerawat. Melansir dari Medical News Today, kulit sensitive bukanlah diagnosis medis itu sendiri, melainkan istilah yang mengacu pada kulit yang lebih rentan terhadap peradangan atau reaksi yang merugikan.

Menemukan cara untuk menghindari pemicu potensial dan menenangkan kulit yang teriritasi dapat membantu orang dengan kulit sensitif menemukan kelegaan dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 kandungan skincare yang harus dihindari bagi pemilik tipe kulit sensitif.

1. Fragrance

Banyak produk skincare mengandung fragrance atau wewangian untuk menutupi aroma yang kurang menyenangkan yang dimiliki beberapa bahan. Bagi pemilik tipe kulit sensitif, produk skincare dengan kandungan fragrance ini bisa menyebabkan kemerahan hingga iritasi.

Sebab, kandungan fragrance merupakan campuran dari bahan-bahan alami dan kimia. Oleh sebab itu, pastikan produk skincare yang kamu pilih memiliki label ‘bebas pewangi’.

2. Minyak atsiri

Spesialis perawatan kulit San-Fransisco, Kristina Holey, mengatakan minyak atsiri atau minyak esensial harus digunakan hati-hati atau dihindari bagi pemilik tipe kulit sensitive.

“Tea tree oil dapat aman untuk kulit sensitif jika digunakan dalam dosis yang sedikit. Jika berlebihan akan menyebabkn kekeringan dan iritasi,” ujar Holey, dikutip dari The every girl.

 

3. Tabir surya kimia

Ada dua jenis tabir surya, yakni mineral dan kimia. Tabir surya mineral memiliki dua bahan aktif, titanium dioksida dan seng oksida yang bekerja menghalangi sinar UV secara fisik.

Sementara, tabir surya kimia mengandung berbahan bahan kimia yang menyerap sinar UV dan melepaskannya sebagai panas setelah reaksi kimia berlangsung.

Tabir surya kimia memiliki lebih banyak bahan aktif daripada versi mineral, yang membuat kemungkinan iritasi kulit sensitif lebih tinggi. “Oleh karena itu, tabir surya mineral lebih baik untuk tipe kulit sensitif, terutama jika kamu rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya,” ujar dokter kulit, Dr. Anjali Mahto.

4. Eksfoliasi yang keras

Untuk kamu si pemilik tipe kulit sensitif , sebaiknya menghindari eksfoliator yang terlalu keras seperti scurb. Sebab, penggunaan exfoliator yang terlalu abrasif dapat menyebabkan kulit langsung meradang.

Asam laktat adalah pilihan yang baik untuk kulit sensitif karena  tidak menembus sedalam  asam lainnya.

5. Alkohol

Produk skincare dengan kandungan alkohol merupakan pantangan bagi pemilik tipe kulit sensitif. Dokter kulit bersertifikat di Wellesley, Gretchen Fireling, MD, mengatakan fungsi alkohol bisa berbeda tiap jenis kulit.

“Bagi pemilik tipe kulit berminyak, alkohol dapat mengurangi sebum yang menyumbat pori. Tetapi jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif, alkohol dapat membuat kulitmu semakin kering yang pada gilirannya menyebabkan iritasi,” kata Fireling, dikutip Very Well Health.

Lantas, kandungan skincare apa yang baik untuk kulit sensitif? Konsultan perawatan kulit, Lion, mengatakan antioksidan, hyaluronic acid, ceramide, lactic acid, green tea extract, centella asiatica, niacinamide, dan caffein sangat bagus untuk tipe kulit sensitif.

“Sebab, kulit sensitif memiliki gangguan fungsi penghalang, skincare yang mengandung antioksidan dapat melindungi kulit dari potensi iritasi dan radikal bebas. Selain itu, kulit sensitive juga sering mengalami dehidrasi, karena itu dibutuhkan kandungan pelembab pada rutinitas perawatan kulit mu," kata Lion.

Sementara dokter kulit, Dr. Nussbaum menyarankan untuk mengoleskan krim dengan asam hialuronat dan ceramide. "Kafein vasokonstriksi dan mengurangi kemerahan di pagi hari," kata Dr. Nussbaum.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading