Sukses

Beauty

Banyak Mitos, Ini 5 Fakta yang Perlu Diketahui soal Eksfoliasi Kulit

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi menjadi tahapan perawatan kulit yang cukup penting untuk menjaga kesehatan kulit. Proses ini akan membuat kulit tampak lebih halus dan glowing karena sel kulit mati dan kotoran yang mengendap di pori-pori bisa terangkat.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan proses eksfoliasi karena adanya mitos yang beredar. Anggapan yang keliru membuat orang memilih untuk melewatkan tahapan eksfoliasi pada rangkaian kulit.

“Eksfoliasi adalah tahapan penting perawatan kulit yang bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selama eksfoliasi dilakukan dengan tepat dan menggunakan produk yang aman, tentu saja tidak akan memberikan dampak negatif pada kulit. Sebaliknya, kulit akan menjadi lebih sehat,” ujar Tamara Adys Nabila selalu Asst. Country Marketing Manager Unilever International - for St Ives Indonesia.

Untuk menghilangkan keraguan dalam perawatan eksfoliasi, berikut beberapa fakta soal eksfoliasi yang perlu diketahui.

 

1. Membantu proses regenerasi kulit

Sebagian besar aktivitas yang dilakukan dari rumah terkadang membuat kita terlena untuk memperhatikan kebersihan kulit. Meski tidak terpapar oleh kotoran dan polusi secara langsung, minyak di wajah serta debu di dalam rumah tetap menghasilkan sel kulit mati.

Proses melahirkan sel kulit baru secara alami atau deskuamasi biasanya tidak serta merta merta terjadi secara optimal, karena hanya terjadi selama 30-75 hari sekali. Oleh karena itu, untuk menghindari penumpukan sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo di wajah, perlu untuk melakukan proses regenerasi sel kulit melalui eksfoliasi.

2. Bisa dilakukan secara chemical atau physical

Ada dua jenis eksfoliasi yang umum dilakukan, yaitu chemical atau secara kimia dan physical atau secara fisik. Metode chemical biasanya menggunakan produk berbahan acid yang tersedia dalam bentuk krim dan cairan.

Sedangkan metode physical dilakukan dengan menghilangkan kulit mati secara manual menggunakan butiran halus yang biasa disebut scrub. Metode ini umumnya lebih mudah, karena aman dilakukan pada kulit dengan berbagai kondisi.

 

3. Face scrub jadi opsi eksfoliator yang mudah dan aman

Pemakaian produk scrub merupakan salah satu cara eksfoliasi yang paling sering dilakukan. Selain mudah digunakan, produk scrub tersedia dalam berbagai varian sehingga bisa diaplikasikan di berbagai kondisi kulit.

Rangkaian produk scrub dari St.Ives bisa jadi pilihan, karena tersedia dalam berbagai varian yang terbuat dari 100% ekstrak bahan alami, sehingga memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan kulit wajah. Butiran scrub St.Ives yang juga terbuat dari bahan alami ini bertekstur halus, sehingga bisa membantu proses regenerasi kulit tanpa meninggalkan efek perih atau iritasi. Cara penggunaannya juga mudah, cukup dengan memijat lembut produk scrub pada wajah lalu membilasnya dengan air seperti biasa.

4. Lakukan 3-4 kali seminggu

Untuk pengangkatan sel kulit secara chemical, dianjurkan hanya satu atau dua kali seminggu. Sedangkan untuk pengangkatan sel kulit secara physical, bisa dilakukan lebih sering dan rutin, yaitu 3-4 kali dalam seminggu. Waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi adalah malam hari sebelum tidur, agar eksfoliator bekerja lebih maksimal dan bebas dari paparan sinar matahari.

5. Kenali jenis face scrub sesuai kebutuhan

Pemilihan produk eksfoliasi juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Untuk kulit yang sedang mengalami jerawat, cocok menggunakan produk scrub berbahan aprikot seperti St. Ives Acne Control Apricot Scrub, untuk membersihkan minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati penyebab jerawat.

Untuk kulit berminyak, bisa memilih St. Ives Blackhead Clearing Green Tea Scrub dengan kandungan alami green tea yang bisa mengangkat komedo, membersihkan pori-pori tersumbat secara mendalam, serta meredakan beruntusan kecil. Sedangkan untuk kulit cenderung kering, bisa memilih St. Ives Soft Skin Avocado and Honey Face Scrub dengan kandungan alpukat dan madu, serta vitamin dan mineral untuk melembabkan dan memelihara kesehatan kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading