Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Jerawat tanpa Meninggalkan Bekas di Wajah

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum di dunia. Melansir dari Healthline, jerawat mempengaruhi sekitar 85% orang dewasa muda.

Penyebab jerawat bervariasi, namun pada umumnya masalah kulit ini disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari, kebiasaan menyentuh wajah saat tangan kotor, begadang, hingga mengonsumsi junk food.

Perawatan kulit yang kurang tepat dapat memperburuk kondisi kulitmu. Bahkan menimbulkan bekas noda hitam di wajah yang mengganggu penampilan.

Untuk mencegah jerawat meninggalkan bekas noda hitam, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Cuci wajah dua kali sehari

Mencuci wajah secara teratur dan menjaga kebersihan kulit setidaknya 2 kali sehari. Tepatnya, cuci muka setiap pagi dan sore hari setelah beraktivitas seharian.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu, kotoran, sel-sel kulit mati yang menempel, dan mencegah pembentukan jerawat baru. Akan tetapi, perlu diingat membersihkan wajah terlalu sering dapat merusak lapisan asam pada kulit.

Juga, penting untuk selalu mencuci wajah dengan tangan yang bersih. Hindari menggunakan alat pembersih wajah karena kebersihannya belum bisa dipastikan.

2. Perlakukan kulitmu dengan lembut

Gunakan produk-produk yang lembut. Salah satunya seperti Y.O.U AcnePlus Series. Skincare ini tidak menggunakan alkohol (alcohol-free), minyak mineral, wewangian, dan pewarna buatan.

Setelah mencuci muka, pastikan kamu mengaplikasikan Y.O.U AcnePlus Balancing Skin Toner untuk menyegarkan kulitmu, mengontrol sebum berlebih, dan menjaga keseimbangan PH. Setelah itu, step terpenting dan wajib, lanjutkan dengan Y.O.U AcnePlus Complete Solution Serum, serum ini dapat mengobati dan memudarkan bekas jerawat.

Bagi kamu yang sedang mengalami jerawat aktif, dapat menggunakan Y.O.U AcnePlus Triple Action Spot Care pada jerawat untuk menenangkan kulit, melawan bakteri, dan menyamarkan bekasnya. Langkah terakhir adalah mengunci semua rangkaian skincare dengan Y.O.U AcnePlus Skin Defense Moisturizer untuk menjaga kelembaban dan membuat wajah kamu terlihat lebih sehat dan cerah.

3. Cuci rambut kamu secara teratur

Rambut dekat dengan wajah. Tanpa disadari, wajah kita sering bersentuhan dengan rambut. Oleh karena itu, kebersihan rambut penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Rambut yang kotor dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Jadi, pastikan jaga kebersihan rambut kamu dan cuci secara teratur.

4. Hindari menyentuh wajah saat beraktifitas

Seperti disebutkan sebelumnya, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor adalah kebiasaan buruk sehingga dapat menimbulkan jerawat. Ada banyak bakteri dan kotoran di tangan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout. Untuk menghindari hal ini, cuci tangan secara teratur dan gunakan tissue yang bersih ketika kamu harus menyentuh wajah.

Perlu diingat, bersihkan tangan dari hal-hal yang selalu kamu gunakan setiap hari seperti ponsel, alat makeup, dan handuk.

5. Gunakan tabir surya setiap hari

Paparan sinar matahari dapat memengaruhi berbagai hal pada kulit wajah yang menyebabkan peradangan pada kulit dan memperburuk kondisi kulit yang sedang berjerawat. Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari dapat merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier) yang meningkatkan produksi minyak dan membentuk jerawat baru pada kulit.

Dengan menggunakan tabir surya, kulit kamu akan terlindungi dari sinar UV terutama epidermis kulit dan pelindung kulit (skin barrier) yang akan membantu menghalangi sinar yang dapat menembus lapisan kulit.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengatasi Kulit Kusam hingga Jerawat dalam 7 Hari dengan Serum Sachet
Artikel Selanjutnya
Cara Menangkal Jerawat dengan Memadukan Cica dan Tea Tree pada Kulit Berminyak