Sukses

Beauty

6 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan, Bisa Hilangkan Flek Hitam

Fimela.com, Jakarta Nanas merupakan buah tropis yang sarat akan manfaat kesehatan karena kaya akan vitamin, antioksidan, serat, dan air, namun rendah kalori sehingga dapat dijadikan cemilan yang ideal. 

Dengan adanya kandungan nutrisi dan antioksidan dari buah ini, akhirnya nanas juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit. Mengonsumsi dan menggunakan nanas secara teratur merupakan cara yang ampuh dan terbukti untuk bisa mencapai kulit bersih dan cerah. 

Dilansir dari Pure Fiji, terdapat 6 manfaat buah nanas bagi kesehatan kulitmu, dan bisa kamu jadikan pilihan juga untuk menambahkannya dalam urutan skincare-mu. Simak penjelasan berikut.

Menghilangkan flek hitam

Nanas memiliki sifat yang luar biasa membantu menghilangkan sel-sel mati dari wajah kita dan memastikan kulit yang bersih, bercahaya, dan cerah. Kandungan asam askorbat dalam nanas akan membantu memudarkan bekas luka dan dark spots. Enzim yang ada pada nanas juga dapat memecah sel-sel kulit mati pada dark spots. 

Caranya cukup mengoleskan jus nanas pada bagian dark spots selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat, dan lakukan secara rutin.

 Menghaluskan bibir

Dengan menggosokkan potongan nanas segar di bibirmu secara rutin, maka bibirmu akan berangsur-angsur berubah menjadi lebih halus dari sebelumnya. 

Namun, hindari beauty hack ini jika bibirmu pecah-pecah dan rentan berdarah, karena nanas bersifat asam dan akan sangat menyengat pada kulit yang rusak.

Anti-aging

 

 Nanas memiliki khasiat yang dikenal dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga, ini merupakan pilihan yang tepat untuk memperlambat proses penuaan. 

Selain itu, nanas juga dapat mencegah kulitmu menjadi kering dan kusam, berfungsi pula untuk melembapkan kulit, serta melawan radikal bebas yang merusak kulit

Maka dari itu, nanas merupakan komposisi dan kombinasi yang baik untuk dijadikan sebagai masker kulit, dengan membuat masker DIY  dengan berbahan dasar nanas dan juga susu ataupun santan. Lalu, diaplikasikan selama 2 kali dalam seminggu. 

Mengeksfoliasi kulit

Nanas adalah eksfoliator alami yang sempurna karena nanas kaya akan AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang mengelupas sel kulit mati. 

Dengan menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung komposisi nanas di dalamnya, maka sel-sel kulit mati akan lebih efektif terangkat dan membantu mencerahkan kulitmu juga. 

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan nanas, teh hijau, dan madu, maka itu akan membuat kulitmu akan menjadi lebih lembap, bersih, dan bercahaya.

Mengurangi peradangan kulit

Nanas memiliki enzim yang dikenal sebagai bromelain. Enzim inilah yang akan membantu meredakan peradangan di kulit, atau meredakan timbulnya jerawat di wajahmu.

Jika kamu menderita peradangan kulit dan memiliki kulit yang berjerawat, ada baiknya kamu mengonsumsi jus nanas untuk mengurangi peradangan kronis kulitmu. 

Menyehatkan kutikula dan kuku

Jika kamu mengalami kutikula dan kuku yang kering, ini bisa menjadi tanda kekurangan vitamin pada kukumu. Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam buah nanas akan membantu meningkatkan kutikula dan kuku yang sehat. 

Cukup dengan mengoleskan nanas yang segar pada kukumu secara rutin, maka nantinya kamu akan melihat perubahan pada kukumu.

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Buah yang Bisa Dijadikan Bahan Masker Wajah untuk Usir Flek Hitam