Sukses

Beauty

3 Cara Mengatasi Kulit Kering di Sekitar Mata dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Kulit di sekitar mata adalah bagian yang sensitif. Sehingga sangat mudah mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering dan mengelupas. Kondisi ini akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Kondisi kulit kering di sekitar mata ini, disebabkan karena produksi kolagen menurun. Terlalu sering terpapar sinar matahari atau sinar blue light dari gadget akan membuat jantong mata terlihat menggelap. Apalagi jika Sahabat Fimela mengalami kelelahan, adanya faktor penyakit dan kurang tidur.

Cara mengatasi kulit kering di sekitar mata ini, bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami atau skincare yang tepat. Usahakan untuk merawat area mata dengan rutin. Berikut cara mengatasi kulit kering di sekitar mata:

 

Penyebab Kulit Kering di Sekitar Mata

Kulit kering sering kali dialami di sekitar mata. Karena lapisan kulit di sekitar mata lebih tipis daripada area kulit lainnya. Kulit kering di sekitar mata ini juga merupakan tanda-tanda penuaan dini.

Kulit kering di sekitar mata ini, disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari dan terpapar sinar blue light dari gadget. Kurang mengonsumsi air putih, mengonsumsi kafein dan merokok juga akan mengakibatkan kulit kering. Kondisi kulit juga dipengaruhi oleh alergi khusus dan menggunakan obat-obatan tertentu.

Hindari kebiasaan sering mengucek area mata dan sering begadang. Kulit kering ini sangat sensitif, sehingga saat terkena reaksi alergi akan muncul gatal-gatal, terasa panas, pedih dan terjadi pengelupasan. Sebisa mungkin cegahlah penyebab kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering di Sekitar Mata

1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi kulit kering di sekitar mata yang pertama, yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti rutin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Karena faktor utama penyebab kulit kering adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Kamu juga bisa mengatasi kulit kering di sekitar mata, dengan tidur sebelum jam 10 malam.

Karena setelah pukul  10 malam, sel kulit akan mengalami proses regenerasi untuk memperbarui sel kulit, serta produksi kolagen akan meningkat pada malam hari. Selain itu, hindari mengucek mata terlalu sering, untuk mengurangi gesekan di sekitar mata. Hindari juga mengonsumsi alkohol, kafein dan merokok, karena bisa menyebabkan kulit semakin kering.

2. Gunakan Skincare

Untuk menjaga kelembapan kulit kering di sekitar mata, kamu bisa menggunakan skincare berupa eye cream, yang formulanya terbuat dari bahan pelembap dan khusus untuk merawat area mata. Skincare yang bisa digunakan adalah skincare yang memiliki kandungan seperti ceramides, proteoglycans, glycosphingolipids, hyaluronic acid, amino acids, peptides, collagen, glycerin dan lain sebagainya.

Kandungan tersebut bisa miningkatkan kadar cairan dan mengunci cairan dalam kulit. Kemudian gunakan sunscreen di sekitar mata, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan sinar blue light karena gadget. Gunakan produk sunscreen yang memiliki kandungan uv protector minimal SPF 30 PA+++.

3. Gunakan Bahan Alami

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan yang melembapkan, mengatasi iritasi dan membantu meningkatkan kolagen. Kamu juga bisa mengoleskan minyak alami ke sekitar mata untuk meningkatkan kelembapan kulit. Minyak alami yang biasanya digunakan untuk merawat kulit kering adalah minyak zaitun, minyak jojoba, minyak alpukat dan lain sebagainya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading