Sukses

Beauty

Mengenal Minyak Nimba dan Manfaatnya untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Ada banyak minyak yang saat ini digunakan dalam rutinitas perawatan kulit, mulai dari jojoba hingga rosehip. Minyak telah digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti mengobati jerawat, mengurangi kemerahan, dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Baru-baru ini ditemukan kandungan minyak baru yang juga bisa bermanfaat untuk kulit, yaitu minyak nimba. Minyak nimba sebenarnya telah menjadi bahan pokok perawatan kulit selama berabad-abad.

Minyak nimba juga dikenal sebagai minyak margosa adalah pestisida nabati yang berasal dari biji pohon nimba di India, seperti dilansir dari purewow.com. Walaupun fungsi utamanya adalah untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman, minyak nimba juga memiliki banyak manfaat perawatan kulit dan kesehatan yang tidak banyak diketahui.

Beberapa manfaat minyak nimba untuk kulit antara lain.

1. Mengobati infeksi

Minyak nimba telah digunakan selama berabad-abad di Cina dan India untuk mengobati infeksi, mengurangi peradangan, dan mengontrol pertumbuhan bakteri. Minyak ini memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur.

2. Memperbaiki tampilan garis halus dan bekas luka

Asam lemak, seperti asam lamitat, oleat, dan linoleat, serta vitamin C dan E yang ditemukan dalam minyak nimba membantu merangsang produksi kolagen. Ini bisa membuat kulit lebih kenyal, terhidrasi, dan cerah.

 

3. Mengurangi breakout

Jika kamu mencari alternatif baru mengatasi jerawat, minyak nimba memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mirip dengan asam salisilat. Minyak ini juga bisa mengurangi kemerahan dan mengatasi hiperpigmentasi yang tersisa.

4. Meningkatkan kelembapan

Asam lemak sangat bergizi dan bisa membantu memperbaiki kekeringan. Hanya beberapa tetes minyak nimba bisa meningkatkan kelembapan dan mencegah kekeringan lebih lanjut.

Minyak nimba dikatakan aman digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, karena aroma dan formulanya yang kuat, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakannya.

Untuk memastikan apakah minyak nimba tersebut 100% murni atau tidak, warnanya harus kuning kecokelatan, seperti minyak zaitun. Perbedaannya adalah minyak nimba memiliki aroma yang kuat jadi kamu harus mengencerkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Cara terbaik untuk menggunakan minyak nimba adalah dengan mengencerkannya dengan sabun atau minyak pembawa sebelum mengaplikasikannya ke kulit dengan kapas. Sudah pernah coba, Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading