Sukses

Beauty

4 Langkah Perawatan Wajah Sebelum Tidur untuk Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak kerap menjadi masalah bagi wajah. Tidak hanya mengganggu penampilan, kulit berminyak dapat menjadi awal bagi masalah jerawat dan masalah kulit lainnya.

Masalah kulit berminyak dapat datang dari menumpuknya kotoran pada pori-pori. Menurut womenshealthmag.com, menumpuknya makeup dan polusi di pagi atau siang hari dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Maka dari itu, merawat kulit berminyak memang membutuhkan perawatan ekstra.

Untuk merawat kulit berminyak terdapat beberapa cara agar dapat mengatasi masalah tersebut. Mulai dari langkah membersihkan hingga menghidrasi kulit wajah. Simak informasinya berikut ini

Memilih kandungan yang tepat untuk sabun wajah

Langkah pertama untuk merawat kulit wajahmu yang berminyak adalah dengan membersihkannya secara rutin. Terutama pada malam hari. Debu yang menumpuk dapat menyebabkan munculnya jerawat dan pori-pori tersumbat. 

Memilih kandungan yang dapat membantu mengeksfoliasi wajah merupakan pilihan yang tepat bagi kulit berminyak. Kandungan seperti salicylic acid, dapat membantumu untuk membersihkan wajah dengan tepat sampai ke dalam pori-pori. 

Dr. Sandra Lee, melalui healthline.com, menyatakan bahwa kandungan salicylic acid dapat membantu membersihkan wajahmu dari minyak berlebih dan sel kulit mati yang menumpuk. Melakukan double cleansing dengan pembersih wajah seperti micellar water juga dianjurkan bagi kulit berminyak. 

Mengaplikasikan toner

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water dan sabun wajah, pastikan kamu mempersiapkan kulitmu dengan toner sebelum lanjut kepada langkah berikutnya. Toner dapat membantumu untuk merawat pori-pori wajah.

Memilih toner dengan kandungan yang dapat mengeksfoliasi kulitmu secara halus merupakan pilihan yang tepat. Gunakan kandungan salicylic acidglycolic acid dan lactic acid agar sel kulit mati dapat dibersihkan dengan tepat.

Aplikasikan toner satu hingga tiga kali dalam sehari. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan kandungan ini agar kulitmu tidak teriritasi. 

 

Menggunakan masker

Tidak hanya dapat membantumu merelaksasikan diri, masker juga dapat membantumu merawat kulit berminyak. Menggunakan masker wajah selama dua sampai tiga kali selama seminggu dapat membantumu merawat kulit berminyak. 

Pilihlah masker jenis clay atau charcoal untuk membersihkan wajahmu. Kandungan seperti tea tree oil dapat membantu wajahmu terhindar dari bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan jerawat. Antiseptik dalam tea tree oil terbukti baik dalam mengatasi masalah kulit berminyak ataupun berjerawat. 

Aplikasikan pelembap wajah

Semua tipe kulit wajah membutuhkan hidrasi dan pelembab, tak terkecuali kulit berminyak. Banyak informasi salah yang menyatakan bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Justru kulit berminyak membutuhkan hidrasi yang tepat agar produksi minyak berkurang.

Gunakan pelembap yang ringan, tidak mengandung minyak dan water-based atau terbuat dari kandungan air. Aplikasikan pelembap jenis gel pada malam hari pada bagian wajah dan leher. Hindari pelembap yang bertekstur tebal, seperti cream. Pelembab jenis cream dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menangkal Jerawat dengan Memadukan Cica dan Tea Tree pada Kulit Berminyak
Artikel Selanjutnya
5 Kiat Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat