Sukses

Beauty

Ketahui Waktu Tunggu yang Dibutuhkan Setiap Produk Skincare

Fimela.com, Jakarta Mengaplikasikan produk skincare juga berarti kamu harus tahu cara terbaik untuk memaksimalkan efisiensi setiap lapisannya. Saat kamu mengaplikasikan toner, essence, serum, dan pelembap, berapa lama sebenarnya waktu tunggu setiap produk?

Sebenarnya, tidak ada angka pasti karena waktu yang dibutuhkan produk skincare untuk menembus kulit, bervariasi dari satu formula ke formula lainnya, tergantung jenis dan kualitas produk. Sedangkan penelitian tentang topik ini cukup terbatas.

Faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa menunggu dalam periode waktu tertentu akan membuat produk skincare lebih efektif, seperti dilansir dari allure.com. Namun, pakar juga sepakat bahwa setiap produk harus diberikan waktu tunggu untuk menetap di kulit, sebelum kamu melanjutkan menerapkan produk berikutnya.

Tekstur produk skincare tertentu bisa menggulung produk lainnya, terutama jika kamu menerapkannya segera setelah satu sama lain. Selain itu, menunggu bisa membantu produk skincare yang dirancang untuk area tertentu, menembus kulit dengan lebih baik.

 

 

Waktu tunggu setiap produk skincare

Dengan kata lain, kamu tidak memerlukan pengatur waktu, tapi tunggulah sampai setiap produk benar-benar meresap ke dalam kulit untuk mencegahnya menumpuk atau hilang dari area wajah yang ditargetkan. Begini panduan dari para dokter kulit.

1. Perawatan jerawat: 1 menit

Resep obat topikal, terutama obat jerawat pasti membutuhkan waktu tunggu. Produk ini harus sepenuhnya meresap ke dalam kulit, sebelum serum dan pelembap diterapkan di atasnya untuk manfaat maksimal.

2. Retinol: 0 detik

Semakin baik kualitas suatu produk, semakin cepat juga kulit akan menyerapnya. Saat menggunakan produk berkualitas tinggi, seperti retinol, waktu tunggunya akan lebih sedikit, bahkan tidak ada, karena produk ini memiliki kandungan berbeda dan akan bercampur dan menyerap lebih cepat ke dalam kulit.

 

3. Serum dan pelembap: 1 menit

Waktu antara serum dan pelembap adalah sekitar 1 menit. 60 detik memberi setiap produk waktu untuk mempelajari pori-pori.

4. Tabir surya: 1 menit

Pengecualian kedua adalah tabir surya yang membutuhkan waktu untuk menjadi sekuat mungkin. Ketika tabir surya dicampur dengan produk lain, akan menjadi encer dan kurang efektif. 

Untuk alasan di atas, tabir surya harus menjadi lapisan terakhir dari pemakaian produk skincare. Sebelum mengaplikasikan makeup juga sebaiknya tunggu beberapa waktu, agar tabir surya benar-benar menyerap ke dalam kulit.

Urutan mengaplikasikan produk skincare juga sangat berpengaruh. Lapisi produk skincare dari tekstur yang paling ringan, secara bertahap hingga tekstur yang paling berat atau tebal.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading