Sukses

Beauty

7 Ritual Malam Hari agar Wajah Glowing saat Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Kebutuhan kulit di pagi hari berbeda dengan malam hari. Di pagi hari, kulitmu membutuhkan perlindungan karena terpapar sinar matahari, panas, polusi dan kotoran. Jika dibiarkan semua ini dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Untuk kembali memperbaiki kondisi kulit, maka dibutuhkan perawatan ekstra di malam hari, yakni dengan melakukan ritual skincare malam hari.

Ritual skincare malam hari sangat penting. Sebab, dokter Kulit dan profesor Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, Joshua Zeichner menjelaskan tingkat hidrasi kulit mulai menurun sekitar pukul 15.00, dan kemudian terus rendah di malam hari.

“Sementara itu pergantian sel kulit dan kolagen dan mekanisme perbaikan berada pada puncaknya di malam hari, itulah sebabnya mengapa secara mekanis masuk akal untuk menggunakan bahan perangsang kolagen di malam hari,” kata Dr. Zeichner, dikutip dari Bustle.

Ada beberapa ritual skincare di malam hari yang bisa kamu lakukan agar wajah terlihat bersih, sehat dan glowing. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini selengkapnya.

 

1. Menghapus makeup

Jika kamu memakai makeup, maka kamu harus melakukan double cleansing atau pembersihan ganda. Micellar water adalah alternatif untuk menghapus makeup karenanya sangat lembut di kulit.

“Setelah itu, bersihkan wajahmu dengan pembersih yang lembut. Dengan tidak adanya riasan, pembersih Anda benar-benar dapat bekerja, memurnikan kulit secara mendalam,” kata dokter kulit bersertifikat dan Clinique Derma Pro Dr yang berbasis di London, Emma Wedgeworth, dikutip dari Clinique.

2. Gunakan Face Wash

Selelah apapun kamu beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk selalu membersihkan wajah ya, Sahabat Fimela.

Mencuci wajah menggunakan face wash adalah langkah paling penting dalam rutinitas perawatan kulitmu untuk mengangkat debu, kotoran dan polusi agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan permasalah kulit wajah.

Pilih pembersih berdasarkan jenis dan masalah kulit. Misalnya pembersih wajah untuk menghidrasi kulit, mengatasi jerawat, atau mengontrol minyak.

3. Pakai toner

Meskipun opsional, penggunaan toner memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah. Salah satunya mencerahkan dan menghidrasi kulit.

“Jika kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat, gunakan toner yang mengandung glikolat atau asam salisilat. Untuk kulit sensitif, gunakan toner yang mengandung lidah buaya atau chamomile yang dapat melembapkan,” kata Dr. Debra Jailman, MD ., seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City.

4. Jangan lewatkan serum

Serum sangat penting untuk menutrisi kulitmu hingga lapisan terdalam. Dalam hal ini kamu bisa memilih serum sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

“Misalnya seperti retinoid. Retinoid adalah produk turunan vitamin A yang memperbaiki tekstur dan warna kulit, serta dapat membantu mencegah garis-garis halus dengan merangsang produksi kolagen,” kata Dr. Allison Arthur, dokter kulit bersertifikat di Pusat Dermatologi Sand Lake di Orlando, Florida, dikutip dari Today.

 

5. Pakai pelembap

Pelembap adalah salah satu rutinitas skincare yang tak boleh terlewatkan. Sebab, pelembap dapat membantu meregenerasi kulit kamu untuk hari berikutnya. Sehingga kulit wajahmu akan terlihat glowing di pagi hari.

Jika kulit kamu dalam skala berminyak ringan hingga sedang, Dr. Jailman menyarankan pelembab yang mengandung asam hialuronat, gliserin , dan peptide. Bahan-bahan ini dapat membantu kulit kamu mempertahankan kelembapan dan mendukung produksi kolagen.

Jika kulit kamu sangat kering, katanya untuk mencari formula dengan shea butter , minyak jojoba , dan minyak kelapa untuk hidrasi ekstra.

6. Perbanyak minum air putih

Selain menggunakan rangkaian produk skincare, menjaga hidrasi kulit juga perlu dilakukan dari dalam. Yakni dengan perbanyak minum air putih.

Dalam sehari setidaknya kita harus mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Jaga tubuhmu agar tetap terhidrasi ya, Sahabat Fimela.

7. Konsistensi adalah kunci

Salah satu kunci menjaga kulit tetap sehat dan glowing adalah tetap konsisten. Jaga ritual malam hari kamu tetap konsisten agar memberikan hasil yang maksimal pada kulit dan tubuh kita.

"Saya merekomendasikan untuk menjaga rutinitas yang konsisten, tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan, dan melembabkan setiap hari," katanya Dr. Jailman.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading