Sukses

Beauty

9 Penyebab Jerawat Muncul Terus Menerus yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Jerawat muncul terus menurus bisa mengganggu penampilan dan membuat rasa kepercayaan diri menurun. Jerawat muncul terus menurus juga bisa membuat orang menjadi stres, padahal sudah berusaha menghilangkan jerawat tersebut.

 

Pada umumnya, jerawat disebabkan karena debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori, lalu terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat. Penggunaan makeup atau produk skincare yang tidak cocok dengan kulit, juga bisa menyebabkan jerawat muncul terus menerus.

Jerawat muncul terus menerus ini biasanya muncul di area dahi, dagu dan hidung. Karena di area tersebut memproduksi minyak wajah yang lebih banyak daripada area lainnya. Yuk kenali penyebab jerawat muncul terus menerus, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Jerawat Muncul Terus Menerus

1. Salah Menggunakan Produk Kecantikan

Penyebab jerawat muncul terus menerus yang pertama, yaitu kesalahan menggunakan produk kecantikan, seperti skincare maupun makeup, yang kandungannya tidak cocok dengan kulitmu. Sebaiknya gunakan produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit dan konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu.

2. Jarang Membersihkan Wajah

Jerawat muncul terus menerus bisa disebabkan karena terlalu malas untuk membersihkan wajah. Usahakan tetap membersihkan wajah secara rutin, agar pori-pori di wajah tetap bersih dan terhindar dari jerawat. Membersihkan wajah juga wajib menggunakan teknik double cleansing setelah seharian menggunakan makeup.

3. Stres

Terlalu banyak pikiran bisa menyebabkan jerawat muncul terus menerus. Karena stres bisa berpengaruh terhadap perubahan hormon. Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga, sehingga lakukan hal-hal yang positif agar tidak terlalu stres menghadapi masalah hidup.

Penyebab Jerawat Muncul Terus Menerus

4. Sering Makan Gorengan

Penyebab jerawat muncul terus menerus yang selanjutnya, yaitu karena terlalu sering makan gorengan yang mengandung lemak jenuh. Kandungan di dalam gorengan ini bisa menyebabkan produksi minyak di wajah berlebihan. Kemudian minyak akan menyumbat di pori-pori, dan memicu munculnya jerawat terus menerus.

5. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Selain gorengan yang mengandung lemak jenuh, sering mengonsumsi makanan manis juga bisa menyebabkan jerawat muncul terus menerus. Gula tambahan yang terdapat pada makanan manis bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan bisa memproduksi minyak berlebih di wajah. Mengonsumsi banyak gula juga bisa menyebabkan hormon jadi berubah-ubah.

6. Kurang Berolahraga

Jarang melakukan olahraga bisa menyebabkan jerawat muncul terus menerus. Pada dasarnya olahraga bisa meningkatkan hormon endorfin, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah jerawat. Karena saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, yang bisa membersihkan pori-pori tersumbat.

Penyebab Jerawat Muncul Terus Menerus

7. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Jerawat muncul terus menerus bisa disebabkan karena kurang mengonsumsi air putih. Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kulit. Kurangnya mengonsumsi air putih, bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan memicu produksi minyak di kulit semakin meningkat. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 2liter sehari.

8. Jarang Melakukan Eksfoliasi Wajah

Melakukan eksfoliasi wajah harus dilakukan secara rutin, yaitu seminggu 2 kali di malam hari. Hal ini dilakukan agar pori-pori di wajah bersih, komedo terangkat dan terhindar dari jerawat yang muncul terus menerus. Untuk kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung AHA atau BHA.

9. Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan

Penyebab jerawat muncul terus menerus yang terakhir, yaitu karena sering menyentuh wajah dengan tangan. Ada terdapat banyak bakteri dan kuman yang menempel di tangan, sehingga bisa menyebabkan jerawat di wajah. Sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan tangan, dan seringlah mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Ketombe Berlebih yang Bikin Nggak Nyaman
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Bibir Bengkak yang Bikin Nggak Percaya Diri