Sukses

Beauty

Jadi Perdebatan, Ini 4 Alasan Tidak Boleh Melewatkan Skincare di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta YouTuber Gita Savitri kembali menjadi sorotan di jejaring sosial Twitter. Kali ini sosok Gita menarik atensi karena keputusannya berhenti menggunakan skincare di malam hari. Lewat unggahan Instastory Gita Savitri, ia mengaku sudah berhenti mengaplikasikan skincare malam sejak beberapa minggu terakhir.

"Confessions (Pengakuan): Gue udah berapa minggu ya gak pake skincare malam hari," buka Gita Savitri dalam unggahan Instagram Story miliknya belum lama ini.

Dia mengaku mulai berhenti memakai skincare malam hari lantaran hal tersebut mengganggu kualitas tidurnya. Setiap kali memakai skincare, Gita merasa bahwa dirinya harus menjaga agar wajahnya tidak menempel ke bantal sehingga kepalanya terasa kaku dan tidurnya terganggu.

"Gue merasa tiap gue skincare-an sebelum tidur, kualitas tidur gue jelek banget karena kepala jadi kaku menghindari muka kena bantal," lanjut YouTuber kelahiran 1992 itu.

Sebagai gantinya, Gita Savitri pun memilih untuk memakai produk perawatan kulit di pagi hari. Hal itu dirasa lebih baik untuk Gita daripada harus mengorbankan kualitas tidurnya setiap hari.

Unggahan Instagram Story Gita Savitri ini lantas menjadi sorotan dan menuai perdebatan. Sebenarnya seberapa penting penggunaan skincare malam hari? Lebih lanjut berikut penjelasan selengkapnya.

1. Waktu bagi kulit untuk istirahat

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk kulit beristirahat dari paparan radikal bebas sehingga penting untuk membersihkan wajah. Jika kamu tidak melakukan hal ini di malam hari, maka seluruh kotoran dan minyak pada wajah tentu akan menumpuk dan menyebabkan masalah kulit seperti komedo hingga jerawat.

"Selain itu, tidak ada tekanan lingkungan di malam hari (seperti polusi lingkungan dan kerusakan akibat sinar matahari ) saat Anda tidur; produk dapat menembus lebih baik saat Anda tidak memakai riasan saat Anda tidur dan kulit bisa bernapas," ujar Parvaneh Rafaeloff, MD, dokter kulit di  Le Jolie Medi Spa, dilansir Byrdie.

 

2. Regenerasi kulit terjadi di malam hari

Dokter Kulit dan profesor Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, Joshua Zeichner menjelaskan tingkat hidrasi kulit mulai menurun sekitar pukul 15.00, dan kemudian terus rendah di malam hari.

“Sementara itu pergantian sel kulit dan kolagen dan mekanisme perbaikan berada pada puncaknya di malam hari, itulah sebabnya mengapa secara mekanis masuk akal untuk menggunakan bahan perangsang kolagen di malam hari,” kata Dr. Zeichner, dikutip dari Bustle.

3. Kulit butuh kelembapan

Pada umumnya, kulit akan menghasilkan sebum di siang hari. Sebum ini merupakan pelembab alami yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Sayangnya, produksi sebum di malam hari mengalami penurunan, sehingga menyebabkan kulit kekurangan kelembapan.

Agar kelembapan kulit terjaga di malam hari, kamu perlu menggunakan produk skincare yang berfungsi sebagai pelembap lho.

4. Waktu yang tepat untuk meremajakan kulit

Jika skincare pagi hari memiliki fokus untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV dan polusi luar ruangan, maka malam hari adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki dan meremajakan kulit kamu.

"Kulit Anda perlu diberi nutrisi pagi dan malam. Tapi malam hari adalah saat Anda harus mengatasi masalah kulit pribadi Anda,” kata Dr. Loretta Ciraldo, dokter kulit bersertifikat. dan pendiri perawatan kulit Dr. Loretta, dikutip dari instyle.

 

Kapan waktu yang tepat menggunakan skincare di malam hari?

Melansir dari Skincraft, beberapa ahli menyarankan bahwa waktu terbaik untuk rutinitas perawatan kulit malam hari setidaknya membutuhkan 10-20 menit sampai produk terserap dengan baik ke dalam kulit. Membiarkan produk skincare menyerap sempurna sebelum tidur sangat penting untuk mencegah skincare menempel di bantal kamu.

Ahli dermatologis, dr. Claudia Christin, PhD mengatakan layering skincare juga tidak boleh sembarangan. Penggunaan skincare baik pagi hari maupun malam hari harus dimulai dari yang teksturnya paling ringan hingga paling tebal agar dapat menyerap sempurna.

“Untuk malam hari, misalnya dapat dimulai dari double cleansing menggunakan makeup remover bagi yang menggunakan makeup, cleanser, toner, serum, eye cream, moisturizer, dan lip mask,” ujar dr. Claudia dalam jumpa pers virtual beberapa waktu lalu.

Dengan cara ini, kamu memastikan rutinitas perawatan kulit yang lengkap dan memberikan kulit kamu semua nutrisi yang dibutuhkan selama malam hari.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Kecantikan Kulit Wajah dengan Kandungan Deep Sea Water
Artikel Selanjutnya
5 Kiat Perawatan Kulit Anti Penuaan Sederhana dan Mudah Diterapkan Sehari-hari