Sukses

Beauty

7 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kulit kering dan bersisik adalah kondisi kulit saat kekurangan cairan. Kulit kering dan bersisik ditandai dengan kulit yang terlihat kusam dan tekstur kulit kasar. Kulit kering sangat mudah pecah-pecah mudah terkelupas.

Kulit kering dan bersisik ini mudah bereaksi terhadap pemicu alergi. Waspadai jika memiliki alergi debu, suhu dingin, suhu panas, bahan kimia dan pemicu alergi lainnya. Pemicu alergi ini mudah menyebar di udara.

Secara umum, kulit kering dan bersisik ini disebabkan karena faktor keturunan dan pola hidup yang kurang sehat. Untuk mengembalikan kelembapan kulit dan terlihat lebih cerah, hindari faktor penyebab kulit kering dan bersisik. Simak faktor penyebab kulit kering berikut ini:

Penyebab Kulit Kering dan Bersisik

Saat kulit kering dan bersisik, kondisi kulit akan lebih sensitif, yang menyebabkan kulit terasa gatal dan perih. Kulit kering dan bersisik biasanya mudah iritasi dan muncul kemerahan. Kulit kering dan bersisik ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab yang harus dihindari, yaitu:

  1. Dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga lapisan epidermis tidak memiliki cairan yang cukup, dan kelembapan kulit berkurang dan produksi minyak alami kulit menurun.
  2. Faktor usia yang membuat produksi kolagen atau minyak alami pada kulit berkurang.
  3. Sering menggunakan makeup.
  4. Sering melakukan eksfoliasi wajah.
  5. Efek samping mengonsumsi obat-obatan seperti obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi.
  6. Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti dermatitis atopik, eksim, psoriasis, penyakit ginjal, iktiosis, dan kelainan tiroid.
  7. Adanya perubahan cuaca ekstrem yang terjadi di lingkungan.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

1. Gunakan Pelembap

Cara pertama mengatasi kulit kering dan bersisik adalah dengan menggunakan pelembap. Karena pelembap berfungsi untuk membantu mengembalikan kelembapan kulit, mengontrol produksi minyak, memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

2. Gunakan Scrub

Kulit kering dan bersisik terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati di kulit. Hal ini bisa dicegah dengan rutin melakukan eksfoliasi seminggu 2kali. Eksfoliasi bisa bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan kulit baru.

3. Gunakan Air Dingin

Sering menggunakan air hangat bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik. Untuk itu gunakan air dingin saat mandi. Karena air hangat bisa menghilangkan minyak alami pada kulit dan menyebabkan keriput pada kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

4. Konsumsi Air Putih

Rutin mengonsumsi air putih bisa membantu mengatasi kulit kering dan bersisik. Usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter dalam sehari. Hindari juga mengonsumsi alkohol, minuman berkafein dan yang terlalu manis. Karena bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

5. Gunakan Sunscreen

Saat kamu berpergian di pagi dan siang hari, gunakan sunscreen yang mengandung uv protection minimal 30 SPF. Karena paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, kemerahan dan memicu ruam kulit. Ulangi penggunakan sunscreen setiap 4 jam sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading