Sukses

Beauty

5 Cara untuk Mengatasi Permasalahan Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Fimela.com, Jakarta Permasalahan kulit wajah kering kadang datang tak terhindarkan, terutama ketika kondisi cuaca sedang tidak menentu yang akan memengaruhi keadaan kulit kita. Tidak hanya karena faktor cuaca, sebagian besar orang juga mendapatkan kulit kering karena penggunaan produk yang tidak sesuai dengan tipe kulit mereka.

Kulit wajah yang kering dapat disebabkan dari beberapa banyak faktor. Menurut medicalnewstoday.com, cuaca dingin, angin yang kencang, bahan kimia dalam produk, pH kulit yang tidak seimbang serta penyakit kulit lainnya dapat menyebabkan kulit kering yang berlebih. Kulit yang kering juga diketahui akan lebih rentan untuk mengelupas.

Namun, tak perlu khawatir, karena kita dapat mengurangi kondisi kulit kering yang berlebihan hanya dengan membiasakan diri dengan pola-pola khusus untuk kulit kering. Dengan lima langkah berikut, Sahabat Fimela dapat mewujudkan kulit yang lebih lembap dan halus.

Mengaplikasikan produk pelembap secara rutin

Menurut byrdie.com, kulit kering biasanya merupakan turunan genetik dalam keluarga. Maka dari itu, seringkali kulit kering tidak dapat kita hindari. Namun, terdapat cara untuk mengatasi dan mengurangi kulit kering berlebih, yaitu dengan menggunakan pelembap. 

Kandungan hyaluronic acid akan memberikan manfaat optimal bagi kulit kering. Dengan kandungan hyaluronic acid kulit akan mendapatkan asupan air dan oksigen yang lebih. Sehingga kulit akan terasa lebih sehat dan terbebas dari kulit kering berlebih serta mengelupas. 

Gunakan pelembap pada pagi dan malam hari, setelah membersihkan muka secara menyeluruh. Menggunakan pelembap jenis krim akan ointment dengan kandungan minyak menjadi pilihan yang tepat untuk kulit berminyak.

Gunakan pembersih yang lembut

Seringkali pembersih muka yang kita pakai secara tidak sadar, memiliki kandungan yang dapat menyebabkan kulit kering pada wajah. Maka dari itu menggunakan pembersih dengan kandungan yang lembut akan menjadi pilihan yang tepat bagimu. Akan lebih baik jika produk pembersih tidak mengandung parfum, pewarna dan alkohol.

 Terdapat beberapa kandungan yang harus dihindari dalam produk pembersih, seperti:

  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
  • Petroleum dan Paraffin
  • Paraben
  • Diethanolamine (DEA)
  • Monoethanolamine (MEA)
  • Triethanolamine (TEA) 

Juga, akan lebih baik jika kita tidak mencuci muka terlalu sering. Mencuci muka terlalu sering akan meningkatkan potensi kulit kering pada wajah. Tidak hanya itu, mencuci muka terlalu sering akan menimbulkan kemerahan dan kulit mengelupas.

Eksfoliasi wajah

Untuk mengurangi kulit mengelupas pada wajah, akan lebih baik jika kita rutin untuk mengeksfoliasi wajah. Setiap bulannya kulit kita akan meregenerasi sel kulit baru sehingga sel kulit mati akan naik ke permukaan wajah. Hal ini dapat terlihat dari beberapa bagian kulit yang mengelupas serta pori-pori yang terlihat membesar. 

Dengan mengeksfoliasi kulit, kita akan membersihkan wajah dari sel kulit mati serta mengurangi pori-pori tersumbat. Sahabat Fimela dapat memilih eksfoliator sesuai dengan keinginanmu, seperti menggunakan scrub wajah atau chemical exfoliators dengan kandungan AHA dan BHA.

Ubah pola mandi

Untuk menghindari kulit wajah yang kering, pastikan untuk memerhatikan pola mandi kita. Menggunakan air yang terlalu panas dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh air dan uap panas yang menyerap dan meluruhkan mineral alami pada kulitmu. Mandi dalam waktu yang lama juga dapat meluruhkan sebum alami pada kulitmu.

Melalui medicalnewstoday.com, The American Academy of Dermatology menyatakan lama waktu untuk mandi yang disarankan bagi orang yang memiliki kulit kering adalah  5-10 menit atau kurang. 

Setelah mandi, pastikan untuk langsung memberi pelembab pada wajah agar minyak dan sebum pada wajah tetap terjaga dan seimbang. Dengan cara ini, Sahabat Fimela dapat mempertahankan kelembapan pada wajah.

Konsisten dengan produk perawatan wajah

Untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas, pastikan kamu memilih produk wajah yang lembut dan memiliki sifat baik untuk kulit sensitif. Hal ini dilakukan agar kulit tetap terjaga dan terawat. Kandungan dalam perawatan wajah menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Jika ingin mengganti produk perawatan wajah, pastikan untuk mengadaptasikan kulitmu terlebih dahulu. Mengganti produk tanpa memberikan kesempatan bagi kulit untuk beradaptasi akan meningkatkan potensi iritasi dan sensitif pada kulit. Jika kulit kering terus berlanjut, temui dermatologis untuk mengetahui penyebab dan solusi yang tepat bagi kulit wajahmu.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading