Sukses

Beauty

7 Rutinitas Perawatan Wajah di Malam Hari untuk Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Melakukan perawatan wajah di malam hari sangat penting. Agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga, terhindar dari permasalahan kulit, mencegah jerawat muncul, dan bisa membuat kulit terlihat lebih cerah.

Perawatan wajah harus dilakukan secara rutin, menggunakan produk-produk kecantikan yang disesuaikan dengan jenis kulit. Seperti kandungan hydrating agents, yang digunakan untuk merawat wajah yang kering. Kandungan hydrating agents berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mengunci cairan di dalam lapisan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen di malam hari.

Rutin perawatan wajah di malam hari juga bisa membantu kulit, untuk memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak karena radikal bebas di siang hari. Bahkan merawat kulit juga bisa membuat tidur terasa lebih relaks. Berikut rutinitas perawatan wajah di malam hari, yang wajib dilakukan pemilik kulit kering, dilansir dari beberapa sumber:

Rutinitas Perawatan Wajah di Malam Hari

1. Membersihkan Makeup dengan Cleansing Oil

Rutinitas perawatan wajah di malam hari yang pertama harus dilakukan, yaitu membersihkan makeup yang menempel di wajah, dengan menggunakan produk cleansing oil. Cleansing oil adalah pembersih wajah yang berbasis minyak, yang mampu melunturkan makeup waterproof.

Cleansing oil juga bisa membantu melembapkan dan menutrisi kulit wajah yang kering. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu mengaplikasikan ke seluruh wajah dengan tangan, lalu lakukan gerakan memijat selama kurang lebih 5 menit hingga makeup luntur. Kemudian angkat dengan tisu atau kapas, dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Gunakan Produk Eksfoliasi

Rutinitas yang selanjutnya, yaitu gunakan masker wajah atau scrub untuk mengeksfoliasi kulit. Produk eksfoliasi ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel, membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat komedo, dan mempercepat proses regenerasi kulit. Lakukan eksfoliasi ini setiap seminggu dua kali saja.

3. Bilas Wajah dengan Sabun

Setelah melakukan eksfoliasi, bersihkan wajah menggunakan sabun muka yang khusus untuk kulit kering. Sabun muka yang cocok untuk kulit kering adalah yang memiliki tekstur krim, agar lembut saat digunakan dan tidak mengiritasi kulit.

Gunakan sabun wajah yang mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan ceramides, sehingga kulit wajah tidak kesat atau kering setelah mencuci wajah. Kamu juga bisa menggunakan produk sabun muka berlabel hypoallergenic, agar aman untuk kulit kering yang sensitif.

Rutinitas Perawatan Wajah di Malam Hari yang Selanjutnya

4. Gunakan Hidrasi Toner

Rutinitas perawatan wajah di malam hari yang selanjutnya, yaitu gunakan hidras toner yang membantu menghidrasi kulit kering. Biasanya hidrasi toner memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin, yang bisa mengunci cairan di dalam lapisan kulit, mengontrol produksi minyak, dan membuat kulit tetap lembap serta halus.

5. Pakai Serum Wajah

Untuk kulit kering, wajib menggunakan serum wajah di malam hari setelah menggunakan toner. Serum memiliki konsentrasi yang tinggi, dengan tekstur ringan dan cair, sehingga mudah diserap kulit dan cepat mengatasi masalah kulit kering.

Serum wajah mampu melembapkan kulit, karena memiliki kandungan butylene glycol (BG), dipropylene glycol (DPG), trehalose, sodium hyaluronate (hyaluronic acid), ceramide, kolagen, dan lain sebagainya. Jika sudah melakukan eksfoliasi kulit, sebaiknya jangan gunakan serum yang mengandung senyawa eksfolian.

Rutinitas Perawatan Wajah di Malam Hari yang Terakhir

6. Gunakan Pelembap Wajah

Jangan lupakan penggunaan pelembap wajah, saat melakukan rutinitas perawatan wajah di malam hari. Pelembap bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit yang kering. Pelembap untuk kulit kering memiliki tekstur gel atau krim yang ringan digunakan, sehingga tidak membuat kulit menjadi iritasi.

Pelembap juga berfungsi untuk mencerahkan kulit kusam, meratakan warna kulit, memudarkan garis halus yang muncul di wajah, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengontrol produksi minyak.

7. Gunakan Sleeping Mask

Rutinitas perawatan wajah di malam hari yang terakhir, yaitu menggunakan sleeping mask, setelah mengaplikasikan pelembap atau krim malam. Sleeping mask adalah jenis masker yang bisa dibawa tidur, sehingga bisa memberikan kelembapan, menghidrasi kulit wajah, dan membuat kulit tampak lebih kenyal di keesokan harinya. Hindari menggunakan sleeping mask yang mengandung alkohol dan parfum. Sleeping mask yang mengandung ekstrak aloe vera, chalendula, dan centella asiatica akan sangat cocok untuk kulit kering dan sensitif.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Tidur Mengorok dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
10 Kutipan Novel Pulang Tere Liye