Sukses

Beauty

9 Tips Memakai Skincare Saat Olahraga Agar Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah salah satu aktivitas yang harus rutin dilakukan. Selain bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk otot dan mengontrol berat badan, olahraga juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Olahraga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga kesehatan kulit akan terjaga, terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Walaupun olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, tetapi jangan lupa untuk tetap menggunakan skincare saat berolahraga. Cara menggunakan skincare saat olahraga juga harus tepat, agar hasilnya lebih optimal di kulit. Berikut tips memakai skincare saat olahraga, yang dilansir dari Liputan6.com:

Tips Memakai Skincare Sebelum Olahraga

1. Bersihkan Wajah

Tips menggunakan skincare yang pertama, yaitu sebelum olahraga lebih baik bersihkan wajah terlebih dahulu, menggunakan sabun muka yang gentle. Mencuci wajah bisa membuat kulit lebih bersih, pH kulit menjadi seimbang, dan wajah akan terlihat lebih segar saat berolahraga.

2. Gunakan Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Toner juga bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah, agar saat olahraga kulit wajah tidak memproduksi minyak secara berlebih. Hidrasi toner juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit selama olahraga.

3. Gunakan Pelembap

Jangan lupa tetap gunakan pelembap saat olahraga. Pelembap dapat diaplikasikan ke wajah, setelah toner meresap ke dalam lapisan kulit. Pelembap memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah penuaan dini pada kulit, serta melindungi kulit dari matahari saat olahraga.

4. Gunakan Sunscreen

Saat olahraga di dalam ruangan atau di luar ruangan, lebih baik gunakan sunscreen untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Jika di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30, sedangkan di luar ruangan gunakan SPF 50. Sunscreen dapat diaplikasikan 30menit sebelum olahraga.

Tips Memakai Skincare Setelah Olahraga

5. Keringkan dengan Tisu

Setelah olahraga, biasanya wajah akan dipenuhi oleh debu, kotoran, keringan dan minyak berlebih di wajah. Lebih baik keringkan wajah dengan tisu atau handuk kering terlebih dahulu. Jika sudah kering, segera cuci wajah dengan sabun wajah yang teksturnya foam, agar lembut saat digunakan di wajah.

6. Gunakan Toner

Kalau wajah sudah kembali bersih, kamu bisa menggunakan hidrasi toner yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin. Kandungan tersebut bisa membantu menjaga kelembapan kulit, mengunci cairan di dalam lapisan kulit, dan menyegarkan kembali kulit wajah setelah berolahraga.

7. Pakai Sheet Mask

Agar kulit wajah lebih terhidrasi, lebih baik gunakan sheet mask setelah mengaplikasikan toner. Sheet mask bisa membuat kulit wajah terasa lebih segar, dan berfungsi untuk menenangkan kulit wajah yang kemerahan, setelah melakukan olahraga. Aplikasikan sheet mask selama 15menit di kulit, lalu ratakan essence yang ada di kulit dan tunggu hingga meresap.

8. Gunakan Pelembap

Jika essence sudah meresap ke dalam kulit, lanjutkan dengan menggunakan pelembap yang sesuai dengan masalah kulitmu. Pelembap bisa membuat kulit wajah tampak cerah, memperbaiki tekstur kulit, mengontrol minyak dan mengatasi masalah kulit.

9. Gunakan Sunscreen

Tips yang terakhir, kalau kamu melakukan olahraga di pagi hari, sebaiknya setelah mengaplikasikan pelembap ke wajah, gunakan sunscreen agar kulit wajah tetap terlindungi dari paparan sinar matahari. Sunscreen harus tetap diaplikasikan walaupun hanya di rumah saja. Lalu ulangi penggunaan sunscreen setiap 4 jam sekali.

Manfaat Menggunakan Skincare Saat Olahraga

Perlu diperhatikan, penggunakan skincare saat olahraga ini tidak boleh dilewatkan. Walaupun saat olahraga mengeluarkan keringat dan keringat tersebut dapat menghapus skincare, tetapi skincare tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat menggunakan skincare saat olahraga, bisa membuat kulit wajah terlindungi dari paparan sinar matahari, terhindar dari radikal bebas, mencegah kemerahan pada kulit, mengurangi hiperpigmentasi kulit, serta membuat kulit wajah tetap lembap dan terhidrasi selama olahraga.

Usahakan saat olahraga, jangan menggunakan skincare yang bersifat sebagi eksfoliator. Karena produk skincare yang bersifat eksfoliator, bisa membuat kulit wajah menjadi kemerahan, iritasi dan memicu masalah kulit lainnya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
30 Kutipan Terbaik Novel And Then There Were None Karya Agathe Christie
Artikel Selanjutnya
7 Zodiak Berwajah Dingin dan Cuek yang Misterius, Tidak Mudah Menunjukkan Emosi